SUYONO, SUYONO (2021) KITAB KUNING SEBAGAI SUMBER BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK ASKHABUL KAHFI SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
COVER.pdf Download (579kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (444kB) |
|
Text
PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (737kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (731kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (637kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (566kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (791kB) |
|
Text
BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (672kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Suyono: Kitab Kuning Sebagai Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMK Askhabul Kahfi.Semarang: Program Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sultan Agung. Pada umumnya pembelajaran PAI di Sekolah Menengah Kejuruan hanya menggunakan sumber belajar yang telah diarahkan oleh pemerintahakan tetapi hal tersebut dirasa kurang dalam membahas banyaknya materi tentang ilmu Agama. Oleh karena itu sekolah ini tampil beda dengan menggunakan kitab kuning sebagai salah satu sumber pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengkaji perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran kitab kuning sebagai sumber belajar PAI di SMK Askhabul Kahfi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian penelitian lapangan (field research) menggunakan pendekatan kualitatif deskripstif. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan beberapa tahapan triangulasi data yang meliputi: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini dapat dipaparkan sebagai berikut: Pertama, para ustaz menyusun perangkat pembelajaran yang cukup lengkap diantaranya: Silabus, RPP, rota, promes, KKM seperti mata pelajaran lainya. Hal ini bertujuan agar kitab kuning tetap dianggap penting seperti peljaran lain. Kedua, pelaksanaan pembelajaran masih mempertahankan cara klasik seperti di pesantren-pesantren yaitu bandongan dan sorogan akan tetapi dimodefikasi sedemikian rupa sehingga membuat santri dapat mengikuti dengan baik, terampil dalam membaca ala pesantren, mampu memhami isi kandungan dan mendapat keternagan lebih lengkap. Ketiga, Evaluasi dan penilaian sebagai tolak ukur keberhasilan dilakukan dengan secara komprehensif, terencana dan berksinambungan ditandai dengan adanya pelaporan prestasi hasil belajar dimana nilai juga ikut menentukan kenaikan kelas. Kata kunci: Kitab kuning, sumber belajar, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Jan 2022 06:42 |
Last Modified: | 07 Jan 2022 06:42 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20914 |
Actions (login required)
View Item |