PENERAPAN ADAB DI MADRASAH DINIYAH AL-WATHONIYAH SEMARANG PERSPEKTIF KH. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADA>B AL-‘A>LIM WA AL-MUTA’ALLIM

SAIFUDDIN, MUHAMMAD (2021) PENERAPAN ADAB DI MADRASAH DINIYAH AL-WATHONIYAH SEMARANG PERSPEKTIF KH. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADA>B AL-‘A>LIM WA AL-MUTA’ALLIM. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (117kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (491kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (671kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (582kB)

Abstract

MUHAMMAD SAIFUDDIN: “PENERAPAN ADAB DI MADRASAH DINIYAH AL-WATHONIYAH SEMARANG PERSPEKTIF KH. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADA>B AL-‘A>LIM WA AL-MUTA’ALLIM” Adab merupakan syarat mutlak yang harus dijalankan oleh seseorang yang menununtut ilmu. Dalam kitab ada>b al-‘a>lim wa al-muta’allim karya KH. Hasyim Asyari disebutkan bahwa adab murid dalam belajar mencakup tiga hal; adab murid kepada diri sendiri, adab murid kepada guru, dan adab murid dalam belajar. dalam hal ini KH. Hasyim Asyari mengintegrasikan antara akal dan hati agar selalu berjalan beriringan. Sesuatu yang akan diambil manfaatnya baik yang abstrak maupun yang kongkret itu wajib dimuliakan. Memuliakan yang kongkret itu mudah, tapi memuliakan yang abstrak itu sulit. ilmu itu asbtrak. Maka diperlukan adab dalam belajar. Madrasah Diniyah Al-Wathoniyah Semarang merupakan madrasah diniyah yang background dan kurikulumnya mengacu pada kurikulum yang ada di pesantren. Pesantren Al-Itqon Semarang adalah pesantren yang membawahi madrasah diniyah al-Wathoniyah Semarang. Pembelajaran di madrasah diniyah al-Wathonyah Semarang lebih mengutamakan adab dari pada akal. Dalam kajian ini yang mejadi perhatian dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan adab murid kepada diri dalam kitab ada>b al-‘a>lim wa al-muta’allim di madrasah diniyah al-Wathoniyah Semarang, bagaimana penerapan adab murid kepada guru dalam kitab ada>b al-‘a>lim wa al-muta’allim di madrasah diniyah al-Wathoniyah Semarang, bagaimana penerapan adab murid ketika belajar dalam kitab ada>b al-‘a>lim wa al-muta’allim di madrasah diniyah al-Wathoniyah Semarang. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (file reseach) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunaka observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini melalui pengkajian data yang terkumpul, mengelompokan data, mengolah data menjadi satuan yang dapat dikelola, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti, penerapan adab belajar dalam kitab ada>b al-‘a>lim wa al-muta’allim di madrasah diniyah al-Wathoniyah sudah berjalan efektif. Hal ini bisa dilihat dari murid yang belajar di madrasah diniyah al-Wathoniyah merupakan santri dari pondok pesantren al-Itqon Semarang. Keberadaan murid yang tinggal di pondok pesantren al-Itqon Semarang menjadikan waktu belajarnya lebih terarah dan teratur. Keadaan yang demikian terjadi karena murid berada dilingkungan yang selalu menuntut dirinya untuk maksimal dalam belajar. Kata kunci: Adab, murid, ada>b al-‘a>lim wa al-muta’allim .

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 06:42
Last Modified: 07 Jan 2022 06:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20906

Actions (login required)

View Item View Item