TANGGUNG JAWAB NOTARIS TERHADAP PELANGGARAN DAN LARANGAN DALAM MENJALANKAN JABATANNYA DIHUBUNGKAN DENGAN KODE ETIK NOTARIS (Studi Kasus Putusan MPW Nomor W29/T.Pem/Not 03/2010/MPW Notaris Provinsi Banten )

Anggraini, Medira (2021) TANGGUNG JAWAB NOTARIS TERHADAP PELANGGARAN DAN LARANGAN DALAM MENJALANKAN JABATANNYA DIHUBUNGKAN DENGAN KODE ETIK NOTARIS (Studi Kasus Putusan MPW Nomor W29/T.Pem/Not 03/2010/MPW Notaris Provinsi Banten ). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (459kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (306kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (487kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (659kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (454kB)

Abstract

Terhadap Notaris yang tidak melaksanakan kewajiban sebagaimana yang telah ditentukan oleh peraturan perundang-undangan, maka menjadikan Notaris yang bersangkutan harus berhadapan dengan Majelis Pengawas Notaris. Majelis Pengawas Notaris secara umum mempunyai ruang lingkup kewenangan menyelenggarakan sidang untuk memeriksa adanya dugaan pelanggaran Kode Etik Notaris atau pelanggaran pelaksanaan jabatan. Tujuan dari penelitian ini Untuk Mengetahui Tanggung Jawab Notaris Terhadap Pelanggaran Kode Etik Notaris dan Untuk Mengetahui Pemberian Sanksi Etik Terhadap Pelanggaran dan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Yuridis Sosiologis, spesifikasi dalam penelitian ini bersifat deskriftif analistis, data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, menggunakan pengumpulan data dengan wawancara dan studi kepustakaan, analisis data secara kualitatif, permasalahan dianalisis dengan teori, penegakan hukum dan kepastian hukum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perbuatan Notaris yang melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan dapat dimungkinkan termasuk kedalam kategori Perbuatan melawan hukum dikarenakan apabila terdapat unsur merugikan pihak lain dan kerugian tersebut memiliki hubungan kausalitas antara Notaris selaku pembuat akta dan pihak-pihak yang mempercayakan aktanya kepada Notaris.. Pelanggaran kode etik Notaris dapat terjadi diakibatkan adanya kelalaian sebuah tanggung jawab, hal tersebut biasanya yang paling sering terjadi. Selain itu, dapat juga dikarenakan tidak adanya sanksi yang tegas dan banyak keberpihakan kepada jabatan Notaris. Majelis Pengawas Notaris (MPN) sebagai suatu badan yang dipercaya untuk mengawasi Notaris dalam berperilaku, dinilai kurang memberikan tindakan yang tegas agar Notaris jera atau takut untuk melakukan pelanggaran yang telah diatur oleh peraturan yang ada, hal tersebut dapat menjadi salah satu indikator terjadinya pelanggaran yang dilakukan oleh Notaris. . Kata Kunci : Tanggung Jawab Notaris, Kode Etik, Etika Profesi Notaris,

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 06:38
Last Modified: 07 Jan 2022 06:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20840

Actions (login required)

View Item View Item