PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PENADAHAN BARANG HASIL PENCURIAN SEPEDA MOTOR DALAM KONSTRUKSI SISTEM HUKUM YURISDIKSI KEPOLISIAN RESOR KABUPATEN PATI (STUDI KASUS PIDANA NO: 180/Pid.B/2019/PN Pti)

ILZA AMRI, YUSRIL (2021) PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PENADAHAN BARANG HASIL PENCURIAN SEPEDA MOTOR DALAM KONSTRUKSI SISTEM HUKUM YURISDIKSI KEPOLISIAN RESOR KABUPATEN PATI (STUDI KASUS PIDANA NO: 180/Pid.B/2019/PN Pti). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (457kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (227kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (415kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (795kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (524kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa faktor apa saja yang menjadi penyebab bertambahnya angka tindak pidana penadahan hasil pencurian sepeda motor dalam sistem hukum yuridiksi Resor Kabupaten Pati, serta mengetahui dan menganalisa tindakan penyidikan yang dilakukan oleh Kepolisian Resor Kabupaten Pati dalam konsepsi penegakan hukum. Penelitian ini bersifat deskripsi analisis dengan pendekatan yuridis empiris (sosiologis), dengan data yang diperoleh melalui studi kepustakaan dan wawancara, selanjutnya data dianalis secara kualitatif. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris/sosiologis tentang tindak pidana penadahan kendaraan hasil pencurian di wilayah hukum Kepolisian Resor Kabupaten Pati. Hasil penelitian menjunjukkan terjadinya peningkatan tindak pidana penadahan hasil pencurian kendaraan bermotor di wilayah hukum Polres Pati antara lain adalah keinginan memiliki kendaraan bermotor, kondisi ekonomi pelaku, hubungan pertemanan pelaku, pengetahuan hukum yang rendah, niat membantu pelaku pencurian, membujuk dan diiming-imingi keuntungan, dan bekerjasama dengan banyak pihak. Kemudian elaksanaan penyidikan yang dilakukan oleh penyidik Kepolisian Resor Pati terhadap tindak pidana penadahan kendaraan bermotor hasil pencurian melalui 4 (empat) tahap antara lain adalah : penerimaan laporan, pemanggilan, penyitaan, dan penyidikan. Kendala yang dihadapi oleh pihak Kepolisian Resor Pati antara lain adalah : pelaku berpindahpindah tempat, pelaku menghilangkan barang bukti, kurangnya partisipasi masyarakat, dan sulitnya pembuktian. Upaya yang dilakukan oleh Kepolisian Resor Pati adalah dengan 3 (tiga) upaya, Upaya pre-emtif dilakukan dengan penyuluhan hukum pada masyarakat mengenai tindak pidana pencurian dan penadahan. Upaya preventif dilaksanakan dengan melakukan razia dan patroli pada lokasi-lokasi yang dianggap rawan pencurian. Upaya terakhir, yaitu upaya represif yaitu dengan menanggulangi atau mencari solusi atas kejahatan yang telah tejadi. Kata Kunci : Yurisdiksi, Penadahan, Pencurian

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 06:25
Last Modified: 07 Jan 2022 06:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20663

Actions (login required)

View Item View Item