IMPLEMENTASI RESTORATIVE JUSTICE DALAM PENYELESAIAN PERKARA PIDANA PADA TINGKAT PENYIDIKAN (Studi di Kepolisian Resort Pati)

MUJAHID, MUJAHID (2020) IMPLEMENTASI RESTORATIVE JUSTICE DALAM PENYELESAIAN PERKARA PIDANA PADA TINGKAT PENYIDIKAN (Studi di Kepolisian Resort Pati). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (455kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul implementasi restorative justice dalam penyelesaian perkara pidana pada tingkat penyidikan (Studi Di Kepolisian Resort Pati), Tujuan penelitian ini: 1. Untuk menganalisis implementasi restorative justice dalam penyelesaian perkara pidana pada tingkat penyidikan di Kepolisian Resort Pati pada saat ini. 2. Untuk menganalisis Kendala-kendala yang timbul dalam implementasi restorative justice dalam penyelesaian perkara pidana pada tingkat penyidikan di Kepolisian Resort Pati. 3. Untuk menganalisis restorative justice dalam penyelesaian perkara pidana pada tingkat penyidikan di Kepolisian Resort Pati dimasa yang akan datang. Metode Penelitian, menggunakan metode pendekatan yuridis empiris. Pendekatan yuridis (hukum dilihat sebagai norma atau das sollen), karena dalam membahas permasalahan penelitian ini menggunakan bahan-bahan hukum (baik bahan hukum primer maupun bahan hukum sekunder). Pendekatan empiris (hukum sebagai kenyataan sosial, kultural atau das sein), karena dalam penelitian ini digunakan data primer yang diperoleh dari lapangan. Teori yang digunakan teori keadilan restoratif dan teori hukum progresif. Hasil penelitian dan Pembahasan: SE Kapolri No. SE/08/VII/2018, penyidik berhasil menyelesaikan Perkara penganiayaan sesuai dengan LP/B/18/II/2019/Jateng/Res Pati, tanggal 15 Februari 2019, Implementasi restorative justice yang dilakukan Polres Pati dalam proses penanganan perkara pidana yakni: penangan perkara terkait kepentingan umum dan Harkamtibmas berdasarkan penilaian sendiri. Penanganan perkara pidana oleh Polri (penyidik) pada Satuan Reserse Kriminal Polres Pati dengan kriteria antara lain kategori tindak pidana yang diancam dengan sanksi pidana sampai dengan 1 (satu) tahun harus diprioritaskan untuk diterapkan diversi, tindak pidana yang diancam dengan sanksi pidana di atas 1 (satu) tahun sampai dengan 5 (lima) tahun Satuan Reserse Kriminal Polres Pati dilakukan dengan kriteria antara lain mempertimbangkan proses penegakan hukum sesuai hukum positif yang berlaku dan bila penyelesaian melalui restorative justice. Kendala yang dihadapi penyidik pada implementasi restorative justice pada penanganan perkara pidana yang dilihat dari aspek faktor internal dan eksternal, Penggunaan restorative justice oleh kepolisian dalam penyelesaian perkara pidana pada tingkat penyidikan yang akan datang dapat mewakili langkah logis dalam pelayanan masyarakat dan reformasi penanganan perkara secara umum. Hal ini berkontribusi pada peningkatan hubungan polisi masyarakat. Program partisipatif baru dapat mendorong suatu bentuk pertanggungjawaban langsung kepada masyarakat yang mereka layani. Aparat kepolisian dapat menerapkan prinsip restorative justice untuk mengembangkan kemitraan kolaboratif yang berkelanjutan dengan masyarakat, dengan demikian meningkatkan efektifitas dan efisiensi upaya kepolisian. Kata Kunci : Restorative Justice, Penyelesaian, Perkara Pidana

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 23 Apr 2021 06:33
Last Modified: 23 Apr 2021 06:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19902

Actions (login required)

View Item View Item