PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS 5 SD NEGERI SOWAN LOR 2

Pradhana, Wahyu Aditya (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS 5 SD NEGERI SOWAN LOR 2. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (184kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (145kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (142kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (772kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (19kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (153kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)

Abstract

Pembelajaran yang efektif dan inovatif memegang sebuah keerhasilan yang amat penting bagi siswa karena materi yang dibutuhkan murid yang bisa tersalurkan secara baik dan efisien. Keterampilan yang akan membentuk pada pemusatan akademisi, keahlian dalam hidup, prestasi ataupun materi. Metode ini sangat ideal dilakukan dapat terpusaat pada kelompok kerja antara guru dengan siswa tersampainya tujuan keberhasilan pembelajaran. Tujuan dilakukannya penelitian untuk mencari tau apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Quantum Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SDN Sowan Lor 2. Eksperimen yang menjadi jenis penelitian dengan menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitianini cocok menggunakan pre-eksperimental design dengan menggunakan dengan bentuk One-Group pretest-posttest Design Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Sowan Lor 2. Sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 40 siswa.tes dan dokumentasi yang akan menjadi teknik pengumpulan datanya. Hasil dari penelitian ini sebelum menggunakan model pembelajaran Quantum Leraning kemampuan siswa dalam memecahkan masalah yaitu pretest dengan rata-rata 66.3 dan posttest rata-rata 74.0. Hasil ini diperkuat dengan uji hipotesis berupa uji t (paired sampel t-test) menggunakan bantuan program SPSS yang menghasilkan output Lower sebesar -20.597 untuk Upper -15.135 dan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 mengandung arti terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Leraning terhadap kemampuan siswa dalam pemecahan masalah. Simpulan adri penelitian ini terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Leraning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SD Negeri Sowan Lor 2. Guru sebaiknya menjadikan model pembelajaran Quantum Leraning sebagai alternatif dalam memilih model guna memberikan pengaruh berupa pengembangan dan perbaikan kemampuan siswa Kata kunci: Model Pembelajaran Quantum Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:26
Last Modified: 21 Apr 2021 03:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19343

Actions (login required)

View Item View Item