EFEKTIVITAS METODE GRAND MBA DALAM PEMBELAJARAN AL QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN AL BURHAN HIDAYATULLAH SEMARANG

MUJAHIDIN, SYAIFULLAH (2020) EFEKTIVITAS METODE GRAND MBA DALAM PEMBELAJARAN AL QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN AL BURHAN HIDAYATULLAH SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (330kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengungkapkan metode pembelajaran al-Qur’an dengan menyajikan materi pelajaran yang terdiri dari tahapan belajar membaca dari awal sampai bisa kemudian selanjutnya belajar tahsin/tajwid kemudian belajar terjemah ayat kata per kata. Metode ini dinamakan metode GRAND MBA, metode yang telah dirancang dan diterapkan di seluruh Indonesia baik di cabang pesantren Hidayatullah maupun di tengah masyarakat dari kota sampai pedalaman. Dalam penelitian ini, peneliti focus pada objek penelitian yaitu: di Madrasah Aliyah Al Burhan Hidayatullah Semarang adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan dan evaluasi metode GRAND MBA dalam pembelajaran Al-Qur’an. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al Burhan Hidayatullah Semarang dengan menggunakan metode Kualitatif/Deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode Trianggulasi dengan informan kunci dalam penelitian ini adalah muallim GRAND MBA, Koordinator Muallim, Kepala Sekolah, Instruktur GRAND MBA Jawa Tengah dan siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan peningkatan ketelitian pengamatan, analisishasil dan member check. Adapun teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran al-Qur’an dengan menggunakan metode GRAND MBA di Maadrsah Aliyah Pondok Pesantren Al Burhan Hidayatullah Semarang sudah efektiv, hal tersebut bisa dilihat dari kemampuan anak yang tidak hanya mampu membaca al-Qur’an akan tetapi siswa juga mampu menerjemah ayat al-Qur’an walaupun hanya sekadar surah al-Baqarah namun ini menjadi langkah awal agar siswa mampu memahami kandungan makna dan hikmah yang terdapat dalam ayat suci al-Qur’an. Keberhasilan tersebut dipengaruhi oleh perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang dilakukan oleh para guru/muallim GRAND MBA, Selain itu dukungan banyak pihak yang terkait dengan lembaga Pendidikan dan Dakwah Hidayatullah Jawa Tengah. Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran al-Qur’an, metode GRAND MBA

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:13
Last Modified: 21 Apr 2021 03:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19325

Actions (login required)

View Item View Item