PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP PENGUNGKAPAN INTELLECTUAL CAPITAL PADA PERUSAHAAN IC INTENSIVE DENGAN KUALITAS KOMITE AUDIT SEBAGAI PEMODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan IC Intensive Yang Terdaftar di BEI tahun 2018 )

ELVIANA, ELMA (2020) PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP PENGUNGKAPAN INTELLECTUAL CAPITAL PADA PERUSAHAAN IC INTENSIVE DENGAN KUALITAS KOMITE AUDIT SEBAGAI PEMODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan IC Intensive Yang Terdaftar di BEI tahun 2018 ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (210kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (611kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (462kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text
bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (333kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (350kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh struktur kepemilikan terhadap pengungkapan modal intelektual yang dimoderasi oleh kualitas komite audit. Pengukuran modal intelektual dalam pengungkapan perusahaan terhadap penelitian ini menggunakan indeks yang dikembangkan oleh Khafid dan alifia (2018). Variabel independen dalam penelitian ini adalah manajerial, institusional, pemerintah, dan kepemilikan asing. Variabel moderasi dalam penelitian ini adalah kualitas komite audit. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah pengungkapan modal intelektual. Populasi penelitian ini adalah perusahaan IC Intensive yang terdaftar di BEI pada tahun 2018. Teknis analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, moderated regression analysis atau MRA, dan uji kebaikan model dengan bantuan IBM SPSS versi 26. Pengujian asumsi klasik data yang digunakan berdistribusi normal dan tidak terjadi korelasi, autokorelasi, dan heteroskedastisitas. Moderated Regreesion Analysis memperoleh hasil persamaan regresi kepemilikan manajerial, kualitas komite audit memoderasi kepemilikan institusional, kualitas komite audit memoderasi kepemilikan pemerintah, kualitas komite audit memoderasi kepemilikan asing terhadap pengungkapan Intellectual Capital mempunyai nilai positif terhadap pengungkapan Intellectual Capital, sedangkan kepemilikan institusional, kepemilikan pemerintah, kepemilikan asing, dan kualitas komite audit memoderasi kepemilikan mempunyai nilai negatif terhadap pengungkapan Intellectual Capital. Uji F berpengaruh secara simultan. Uji t memperoleh hasil kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, kepemilikan asing, kepemilikan pemerintah, dan kepemilikan asing tidak berpengaruh terhadap pengungkapan Intellectual Capital. Kualitas komite audit terbukti tidak memoderasi kepemilikan manajerial, kepemilikan pemerintah dan kepemilikan asing namun terbukti memoderasi kepemilikan institusional. Kata kunci: Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Pemerintah, Kepemilikan Asing, Kualitas Komite Audit, dan Pengungkapan Intellectual Capital.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 01 Apr 2021 02:56
Last Modified: 01 Apr 2021 02:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19130

Actions (login required)

View Item View Item