PENYIDIKAN TERHADAP ANAK PELAKU TINDAK PIDANA NARKOTIKA (STUDI TERHADAP PENYIDIKAN DALAM KASUS NOMOR : LP/A/68/VIII/2018/JATENG/RES TEGAL KOTA POLRES TEGAL KOTA)

SANTIKA, AGAM DANAR (2020) PENYIDIKAN TERHADAP ANAK PELAKU TINDAK PIDANA NARKOTIKA (STUDI TERHADAP PENYIDIKAN DALAM KASUS NOMOR : LP/A/68/VIII/2018/JATENG/RES TEGAL KOTA POLRES TEGAL KOTA). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (487kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (416kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (408kB)
[img] Text
abstract.pdf

Download (301kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (456kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)

Abstract

Narkoba adalah zat atau obat yang diperlukan dalam bidang pengobatan dan perkembangan ilmu pengetahuan, terutama dalam bidang kesehatan. Tetapi sekarang keberadaan narkoba berubah/ bergeser dan banyak yang menyalahgunakannya.Penyalahgunaan narkoba mendorong adanya peredaran gelap yang menyasar tidak hanya pada kalangan orang dewasa tetapi juga menyasar pada kalangan anak. Keterlibatan anak dalam penyalahgunaan narkoba dari ke hari selalu meningkat, tidak hanya sebagai pengguna tetapi juga terlibat dalam peredarannya. Oleh karenanya ketika anak menjadi pelaku tindak pidana, polisi sebagai penyidik atau ujung tombak sistem peradilan pidana harus berhati - hati dalam mengambil keputusan dengan tetap mempertimbangkan sifat dan ciri khas anak tersebut, serta penyidik selalu menerapkan aspek – aspek hukum yang berlaku. Penelitian ini menggunakan pendekatan Yuridis sosiologis serta jeneis penelitian ini menggunakan desktrptif. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan analisis data dalam penelitian hukum tersebut digunakan sifat analasis deskriptif dalam penelitian. Hasil penelitian yang didapat bahwa pada tahap penyidikan, sudah sesuai dengan regulasi perundang – undangan ataupun peraturan yang mengikat lainnya,seperti proses penindakan, penyidikan, penahanan, dan pemeriksaan. Hanya saja dalam hal penyidikan tindak pidana narkotika pada anak di polres Tegal Kota memiliki kendala kurang bermutunya ruang pelayanan khusus anak, serta banyak nya penyidik yang belum melaksanakan pelatihan khusus dalam hal penyidikan. Simpulan dan saran pada penilitian ini adalah bahwa dalam perkara tindak pidana anak narkotika diperlukan fasiltas sumber daya manusia yang memiliki kapasitas penyidikan yang telah sesuai dengan standar aturan hokum, serta fasilitas ruangan pelayanan khusus anak yang sesuai dengan standar mutu. KATA KUNCI :Penyidikan,Anak, Pelaku, Tindak Pidana,Narkotika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 16 Apr 2021 02:53
Last Modified: 16 Apr 2021 02:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19092

Actions (login required)

View Item View Item