KAJIAN VIKTIMOLOGI TERHADAP PEREMPUAN SEBAGAI KORBAN TINDAK PIDANA KESUSILAAN (Studi kasus di Polrestabes Kota Semarang)

Maharani, Rahayu Agustina (2020) KAJIAN VIKTIMOLOGI TERHADAP PEREMPUAN SEBAGAI KORBAN TINDAK PIDANA KESUSILAAN (Studi kasus di Polrestabes Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (271kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (92kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (98kB)
[img] Text
abstract.pdf

Download (177kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (293kB)
[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)

Abstract

Penelitian ini, berjudul ”Kajian Viktimologi terhadap Perempuan sebagai Korban Tindak Pidana Kesusilaan” penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran perempuan sebagai korban tindak pidana kesusilaan di Kota Semarang serta bagaimana upaya perlindungan terhadap perempuan sebagai korban tindak pidana kesusilaan dan kendala serta solusi yang dihadapi dalam memberikan perlindungan terhadap korban tindak pidana kesusilaan. Metode penelitian menggunakan pendekatan yuridis sosiologis.Sumber data diperoleh dari beberapa tahapan yaitu melalui penelitian lapangan (wawancara) dan penelitian pustaka. Analisis data dengan cara sistematis meliputi reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) perempuan sebagai korban tindak pidana kesusiaan di Kota Semarang memiliki peran beragam yang dipengaruhi situasi dan kondisi korban. Dalam hal ini perempuan sebagai korban tindak pidana kesusilaan di Kota Semarang berdasarkan jenis korban kemudian dikategorikan sebagai latent victims. Adapun yang menjadi faktor pemicu seorang perempuan menjadi korban tindak pidana kesusilaan dipengaruhi oleh faktor kepribadian, kepercayaan/iman, hubungan korban dengan pelaku, pendidikan, krisis moral di masyarakat, teknologi dan media massa,serta perhatian masyarakat/ lingkungan. (2) Upaya yang dilakukan Unit PPA Polerstabes Kota Semarang dalam menangani korban tindak pidana kesusilaan ialah dengan memberikan perlindungan psikologis, perlindungan medis, perlindungan keamanan dan perlindungan hukum. (3) Dalam memberikan perlindungan terhadap korban tindak pidana kesusilaan Unit PPA Polrestabes Kota semarang mengalami berbagai kendala seperti sumber daya manusia, sarana prasarana, kurangnya kesadaran saksi, kurang/tidak adanya alat bukti, kurangnya kepedulian masyarakat terhadap perempuan sebagai korban tindak pidana kesusilaan, dan faktor perempuan/ keluarga korban itu sendiri. Upaya yang dilakukan Unit PPA Polrestabes Kota semarang dalam mengatasi kendala tersebut antara lain dengan mengadakan kerja sama antar Sat Reskim, pengoperasian Ruang Pelayanan Khusus (RPK), mengadakan kerjasama dengan LPSK, PPT , dan korban/keluarga korban agar proses hukum berjalan dengan semestinya. Kata Kunci : Viktimologi, Perempuan Korban Tindak Pidana Kesusilaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 15 Apr 2021 03:29
Last Modified: 15 Apr 2021 03:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19043

Actions (login required)

View Item View Item