TINJAUAN YURIDIS PERKARA TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN PEMBERATAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (STUDI KASUS DI PENGADILAN NEGERI KUDUS)

Humans, Savista Mada (2020) TINJAUAN YURIDIS PERKARA TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN PEMBERATAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (STUDI KASUS DI PENGADILAN NEGERI KUDUS). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (218kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (76kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (130kB)
[img] Text
abstract.pdf

Download (126kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (211kB)
[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)

Abstract

Penelitian ini, berjudul “Tinjauan Yuridis Perkara Tindak Pidana Pencurian Dengan Pemberatan Yang Dilakukan Oleh Anak (Studi Kasus Di Pengadilan Negeri Kudus)” ini bertujuan untuk untuk mengetahui penerapan Hukum Pidana Terhadap Tindak Pidana Pencurian dengan Pemberatan yang dilakukan oleh Anak di Pengadilan Negeri Kudus serta untuk mengetahui Pertimbangan Hakim dalam memutus Perkara Tindak Pidana Pencurian dengan Pemberatan yang dilakukan oleh Anak di Pengadilan Negeri Kudus. Metode penelitian menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Sumber data diperoleh dari beberapa tahapan yaitu melalui penelitian lapangan (wawancara) dan penelitian pustaka. analisis data dengan cara sistematis melipui reduksi data, penyajian Data serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa Penerapan sanksi yang di berikan oleh hakim terhadap terdakwa adalah Pasal 363 ayat (1) ke 5 KUHP tentang Tindak pidana pencurian dengan pemberatan Jo Undang-undang No. 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak, Pertimbangan hukum hakim dalam menjatuhkan sanksi pidana terhadap anak sebagai pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan dalam Putusan Nomor : 08 / Pid. Sus. Anak / 2015 / Pn.Kds, yakni dengan melihat terpenuhinya semua unsur-unsur dalam pasal- pasal dakwaan penuntut umum, serta telah mempertimbangkan hal-hal yang meringankan dan memberatkan terdakwa. Tujuan pemidanaan dalam Kasus Pidana ini hanya untuk memberikan efek jera terhadap terdakwa dan agar terdakwa tidak mengulangi perbuatannya lagi serta untuk mendidik terdakwa agar menyadari bahwa perbuatannya tidak benar. Dengan dijatuhkan sanksi pidana selama 4 (Empat) bulan penjara dapat memberikan pembelajaran agar terdakwa tidak mengulangi perbuatannya lagi. Dikarenakan seseorang Anak masih mempunyai cita-cita dan harapan. Kata Kunci : Anak, Perkara pencurian, Pemberatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 15 Apr 2021 03:28
Last Modified: 15 Apr 2021 03:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19041

Actions (login required)

View Item View Item