Teguh Pambudi, Akhmad (2020) ANALISIS DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN GAME ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR IPA DI SDN BANJARSARI 1. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
COVER.pdf Download (236kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (30kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (24kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (128kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (433kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (557kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (150kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (20kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak engatif dari penggunaan game online terhadap prestasi dan minat belajar peserta didik kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena data yang disajikan berupa kata-kata. Dilihat dari permasalahan yang diteliti, penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN BANJARSARI 01 yang berjumlah 10 peserta didik. Pengambilan data mnggunakan triangulasi data yaitu triangulasi sumber berupa guru dan peserta didik kelas IV serta triangulasi teknik berupa angket dan wawancara yang kemudian pada analisis data menggunakan data reduksi, verifikasi, dan display data. Hasil dari penelitian ini adalah; 1) Dampak negatif dari penggunaan game online terhadap prestasi belajar peserta didik meliputi nilai muatan pembelajaran IPA yang jauh di bawah KKM, tidak mudah menghafal materi IPA, tidak mudah memahami materi IPA, tidak mudah menerapkan pembelajaran IPA dalam kehidupan sehari-hari, tidak mudah menganalisis pembelajaran IPA, tidak mudah mengevaluasi materi yang dipelajari dalam IPA, dan tidak mudah memiliki ide untuk menciptakan sesuatu; dan 2) Dampak negatif dari penggunaan game online terhadap minat belajar peserta didik meliputi peserta didik lebih tertarik bermain game online dibandingkan dengan belajar, peserta didik memiliki kepedulian yang rendah terhadap belajar, dan menghabiskan waktu yang seharusnya untuk belajar justru digunakan untuk bermain game online. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu hendaknya orangtua lebih memperketat penggunaan handphone untuk anaknya. Kata Kunci : Game Online, Minat Belajar, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 09 Apr 2021 03:41 |
Last Modified: | 09 Apr 2021 03:41 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18793 |
Actions (login required)
View Item |