PERENCANAAN ULANG STRUKTUR BANGUNAN ATAS JEMBATAN RAJAMANDALA CIANJUR JAWA BARAT

Muna, Moch. Khozinatul (2020) PERENCANAAN ULANG STRUKTUR BANGUNAN ATAS JEMBATAN RAJAMANDALA CIANJUR JAWA BARAT. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (909kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I_1.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (302kB)
[img] Text
COVER_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (282kB)
[img] Text
LAMPIRAN_1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Konstruksi jembatan Rajamandala Cianjur Jawa Barat memiliki panjang jembatan secara keseluruhan adalah 222 meter yang terdiri dari tiga bentang, 132 meter ditengah, 45 meter dimasing-masing ujungnya dengan lebar jembatan 9 meter. Tujuan tugas akhir ini akan merancang ulang konstruksi atas jembatan menggunakan box girder. Konstruksi box girder untuk jembatan bentang panjang memerlukan struktur yang bagus untuk menahan gaya – gaya yang terjadi agar tidak menimbulkan keretakan pada box girder. Box girder yang digunakan pada jembatan bentang panjang menggunakan profil box girder statis tak tentu, hal pertama yang di lakukan yaitu dengan membuat preliminary design untuk menentukan dimensi Box Girder dan dilanjutkan dengan melakukan perhitungan Box Girder dari struktur jembatan bentang panjang, ada dua metode dalam perencanaan Box Girder, yaitu metode beban kerja dan metode beban kekuatan batas. Jembatan dirancang kembali dengan lebar 18 meter untuk lalu lintas dua jalur empat lajur disesuaikan dengan Perkembangan lalu lintas saat ini, tinggi Box Girder 2 meter pada tengah bentang dan 8 meter pada tumpuan, dengan lebar 18 meter, menggunakan mutu box girder k – 700 (fc’ = 58.1 MPa) Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis gaya prategang pertama 153475.10 kN dan gaya prategang akhir setelah kehilangan tegangan sebesar 30% adalah 126391.26 kN dengan penulangan pada dinding pelat Box Girder menggunakan D16-265, pada pelat bawah box girder menggunakan D16-265 dan pada pelat atas Box Girder menggunakan D16-265. Jumlah tendon yang digunakan sebanyak 65 tendon VSL dengan jumlah kawat untaian kabel 19 helai dan setiap helai memiliki kekuatan 187.32 kN, pembebanan yang dilakukan menggunakan perhitungan manual yang telah ditetapkan dalam standar SNI 17-2016 tentang standar pembebanan jembatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 19 Apr 2021 02:22
Last Modified: 19 Apr 2021 02:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18773

Actions (login required)

View Item View Item