ADAPTASI PEDAGANG IKAN ASIN BERPERSPEKTIF PEREMPUAN TERHADAP RUANG PENJEMURAN IKAN ASIN PASCA REVITALISASI PASAR TRADISIONAL TAMBAKLOROK (Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang)

WARAHAPSARI, INGGIT (2020) ADAPTASI PEDAGANG IKAN ASIN BERPERSPEKTIF PEREMPUAN TERHADAP RUANG PENJEMURAN IKAN ASIN PASCA REVITALISASI PASAR TRADISIONAL TAMBAKLOROK (Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB I_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
COVER_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (959kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (431kB)
[img] Text
LAMPIRAN_1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)

Abstract

Keputusan menjadikan Kampung Tambaklorok sebagai Kampung Bahari salah satunya berefek kepada ruang penjemuran ikan asin. Pedagang ikan asin di Tambaklorok terdiri atas pedagang mandiri (istri saja) ataupun bersama suami. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi perbedaan adaptasi pedagang ikan asin perempuan yang bekerja mandiri dengan pedagang ikan asin perempuan yang bekerja bersama suami dalam penggunaan ruang sehingga dapat mencegah kemiskinan dan kekumuhan muncul kembali sesuai dengan tujuan awal dari proyek pembangunan Kampung Bahari Tambaklorok. Metode pendekatan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Output dari penelitian ini adalah suatu kajian terkait adaptasi pedagang ikan asin terhadap ruang penjemuran ikan asin pasca revitalisasi pasar bersperspektif perempuan meliputi bentuk penyesuaian lokasi, metode penjemuran dan waktu penjemuran, dimana antara pedagang ikan asin suami-istri yang bekerja sama, dan pedagang ikan asin istri yang bekerja mandiri sama-sama memilih untuk memanfaatkan ruang kosong yang dapat digunakan disekitar mereka karena belum adanya ruang pengganti penjemuran pasca revitalisasi pasar seperti menggunakan halaman rumah, dermaga dan ruang kosong disekitarnya. Namun bila produksi ikan sedang tinggi maka akan memanfaatkan ruang kosong lain seperti median jalan. Penyesuaian metode penjemuran ialah dengan menyesuaikan dengan keadaan di lingkungan penjemuran. Tidak terdapat penyesuaian waktu penjemuran dikarenakan proses penjemuran berjalan saat matahari sudah terbit hingga akan terbenam. Faktor internal yakni berupa kepemilikan lahan, jarak yang dekat dengan rumah dan lokasi penjemuran, jumlah ikan yang diproduksi, pemasukan dan rasa sungkan dengan lingkungan sekitar. Faktor eksternal berupa larangan menjemur didalam pasar, hilangnya Kongsi/TPI dan adanya lahan kosong disekitar rumah. Dampak/Implikasi dari pemilihan adaptasi yakni penurunan pendapatan, penumpukan aktivitas di dermaga, dan kebersihan dari produk ikan asin yang akan dijual. Sementara dalam pemanfaatan sumberdaya tidak terdapat dampak yang dirasakan dikarenakan sejak dahulu memang sudah tidak diperbolehkan menggunakan lahan yang bukan milik sendiri atau tanpa diberikan izin, baik untuk pedagang mandiri ataupun yang bekerja bersama suami. Sehingga tujuan dari penelitian ini dapat tercapai sesuai dengan rencana studi, yakni tidak terdapat perbedaan adaptasi antara pedagang ikan asin perempuan yang bekerja mandiri dan bersama suami dalam penyesuaian lokasi ruang penjemuran yakni sama-sama memilih untuk memanfaatkan ruang kosong sekitar, namun terdapat perbedaan pemilihan metode penjemuran yang digunakan. Kata Kunci: adaptasi pedagang ikan asin, berperspektif perempuan, ruang penjemuran, revitalisasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 09 Apr 2021 02:48
Last Modified: 09 Apr 2021 02:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18722

Actions (login required)

View Item View Item