EVALUASI KINERJA JALAN PURWODADI – BLORA AKIBAT TERJADINYA PERTUMBUHAN PEREKONOMIAN DIKAWASAN JALAN PURWODADI - BLORA (Studi Kasus Pada Segmen Jalan Depan Polsek tawangharjo sampai perempatan Desa Tawangharjo)

PRAKOSA, BUDI (2020) EVALUASI KINERJA JALAN PURWODADI – BLORA AKIBAT TERJADINYA PERTUMBUHAN PEREKONOMIAN DIKAWASAN JALAN PURWODADI - BLORA (Studi Kasus Pada Segmen Jalan Depan Polsek tawangharjo sampai perempatan Desa Tawangharjo). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstraksi.pdf

Download (430kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (360kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (218kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (224kB)
[img] Text
S1 Teknik Sipil_30201504078_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)

Abstract

Pada awalnya jalan hanyalah sebuah jejak yang dilalui oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dengan seiring berkembannya peradaban, kebutuhan manusia semakin banyak, dan menjadikan aktifitas pergerakan di jalan akan menjadikan aktifitas pergerakan transportasi ini diakibatkan dari aktifitas pergerakan suatu kota atau suatu daerah, akan menjadikan aktifitas pergerakan dijalan akan semakin meningkat dan seiring berjalannya waktu akan menyebabkan masalah transportasi. Masalah transportasi di sebabkan oleh ketidak seimbangnya komponen dari suatu sistem transportasi. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah kemacetan diruas jalan. Kabupaten Grobogan merupakan sebuah kabupaten yang termasuk terluas dipulau Jawa. Berdasarkan pada data badan pusat stastistik (BPS) Kabupaten Grobogan mempunyai jumlah penduduk 1.365.207 jiwa dengan laju pertumbuhan 0,56% dan tingkat kepadatan penduduk 684 jiwa/km¬¬¬2 pada tahun 2017. Data lain menunjukan banyaknya kendaraan bermotor Kabupaten Grobogan mencapai 310.700 kendaraan pada tahun 2018. Salah satu jalan yang mengalami dampak dari pertumbuhan kendaraan didaerah Kabupaten Grobogan adalah Jalan Purwodadi – Blora. Jalan Purwodadi - Blora merupakan jalan penghubung antara Kabupaten Grobogan dan Kota Blora. jalan tersebut merupakan jalan yang sekarang menjadi dampak pertubuhan perekonomin di daerah Kabupaten Grobogan. Seiring bertumbuhnya perekonomian didaerah tersebut membuat jalan tersebut mengalami masalah dan salah satunya masalahnya adalah kemacetan. Karena jalan tersebut merupakan jalan yang antar kota yang sekarang merupakan juga jalan kawasan lalu lintas dari pekerja industri yang mengakibatkan menumpuknya kendaraan yang terjadi pada jam berangkat kerja dan pulang kerja. Pada Tugas Akhir ini dilakukan penelitian, analisa, dan pembahsan pada ruas Jalan Purwodadi – Blora segmen depan Polsek Tawangharjo – perempatan Desa Tawangharjo Kabupaten Grobogan akibat pertumbuhan ekonomi didaerah ruas jalan tersebut yang menghasilkan nilai derajat kejenuhan (Degree Of Saturation/DS) sebesar 0,75 pada arah Barat ke Timur dan 0,64 pada arah Timur ke Barat. Dengan tingkat pelayanan (Level Of Service/LOS) kategori “C” dengan batas lingkup derajat kejenuhan Q/C yaitu antara 0,75-0,74 untuk arah Timur ke Barat yang berati jalan tersebut memiliki arus stabil serta kecepatan dan pergerakan kendaraan dapat dikendalikan dan kategori “D” 0,75 – 0,84 yang berati arus mendekati stabil, kecepatan masih dapat ditorerir. Ruas Jalan Purwodadi – Blora Kabupaten Grobogan segmen Polsek Tawangharjo – perempatan Desa Tawangharjo akan mengalami penurunan kinerja jika tidak dilakukan upaya untuk mempertahankan kinerja ruas jalan tersebut. Dengan ukuran lebar jalan dan kapasitas jalan saat ini hanya akan mampu melayani arus lalu lintas kategori “C” dan “D” sampai tahun 2022 Kata Kunci : Kemacetan Jalan Akibat Pertumbuhan Perekonomian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 24 Mar 2021 04:05
Last Modified: 24 Mar 2021 04:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18554

Actions (login required)

View Item View Item