Primasari, Yurinda (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL BUDAYA SAMIN GUNA MENYUKSESKAN GERAKAN LITERASI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (203kB) |
|
Text
BAB I_1.pdf Download (312kB) |
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (223kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (858kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (300kB) |
|
Text
BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
|
Text
BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) |
|
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (733kB) |
|
Text
LAMPIRAN_1.pdf Download (5MB) |
|
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian yang telah dilakukan ini, berfokus pada pengembangan bahan ajar yang berbasis kearifan lokal budaya Samin. Belum adanya bahan ajar yang berbasis kearifan loklal terutama budaya Samin yang dikembangkan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penyusunan pengembangan dan kevalidan bahan bajar berbasis kearifan lokal budaya Samin, serta mengetahui bahwa produk yang dikembangkan mampu menyukseskan Gerakan Literasi Sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sambongwangan 01 dan SDN Sambongwangan 02. Hasil penelitian pengembangan ini adalah: (1) penyusunan pengembangan bahan ajar ini menggunakan 10 tahapan Borg and Gall yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produksi massal. (2) Kevalidan dari produk bahan ajar yang dikembangkan telah divalidasi oleh 3 ahli yaitu dosen dan mendapatkan skor rata-rata 0,74 dengan kategori “Tinggi” sehingga dinyatakan valid. (3) Keberhasilan bahan ajar yang kembangkan dalam menyukseskan Gerakan Literasi berdasakan indikator pada panduan GLS, dan produk bahan ajar dinyatakan mampu menyukseskan Gerakan Literasi berdasarkan hasil respon guru dan siswa dalam skala kecil dan skala besar menghasilkan skor presentase rata-rata 81,04% dengan kategori “Sangat Layak” dalam artian layak digunakan untuk menyukseskan Gerakan Literasi. Kata kunci: Budaya Samin, Bahan Ajar, Gerakan Literasi Sekolah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Mar 2021 02:38 |
Last Modified: | 24 Mar 2021 02:38 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18357 |
Actions (login required)
View Item |