PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA TAMAGI TERHADAP BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK PADAKELAS IV SDN GEBANGSARI 01

Romsiyah, Romsiyah (2020) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA TAMAGI TERHADAP BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK PADAKELAS IV SDN GEBANGSARI 01. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (421kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (929kB)
[img] Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB I_1.pdf

Download (339kB)
[img] Text
LAMPIRAN_1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)

Abstract

Pembentukan karakter harus ditanamkan sejak peserta didik berada di jenjang pendidikan dasar. Karena karakter tersebut akan berdampak pada kehidupan kedepannya termasuk berpikir kreatif dan sikap tanggung jawab siswa. Jika karakter tersebut sudah terbentuk dalam diri seseorang maka orang tersebut akan terbiasa menanamkan karakter itu dalam kegiatannya sehari-hari. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Learning tipe Think Pair Share berbantu media Tamagi terhadap berpikir kreatif dan sikap tanggung jawab peserta didik pada kelas IV SDN Gebangsari 01. Desain yang digunakan untuk penelitian ini yaitu Quasi Eksperimental Design. Untuk menganalisis data digunakan uji Paired Sample T-Test. Hasil uji hipotesis pertama berupa paired sample t-test, terlihat pada kolom Lower dan Upper masing-masing bernilai negatif yakni -35.21225 untuk Lower dan –25.96422 untuk Upper. Nilai dari Sig. (2-tailed): 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak yang berarti Ha diterima. Dengan begitu dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning berbantu media tamagi berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berfikir kreatif peserta didik kelas IV SDN 01 Gebangsari. Uji hipotesis kedua juga berupa Paired Sample T-Test, terlihat pada kolom Lower dan Upper masing-masing bernilai negative yakni -31.57128 untuk Lower dan -4.42872 untuk Upper. Nilai dari Sig. (2-tailed): 0,013. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak yang berarti Ha diterima. Dengan begitu dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning berbantu media tamagi berpengaruh secara signifikan terhadap sikap tanggung jawab peserta didik kelas IV SDN 01 Gebangsari. Kata kunci: model Cooperative learning tipe think pair share, media Tamagi, berpikir kreatif, sikap tanggung jawab peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 26 Mar 2021 03:07
Last Modified: 26 Mar 2021 03:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18342

Actions (login required)

View Item View Item