Sukma, Dinda Nabila (2020) GAMBARAN UTILIZATION REVIEW (PREADMISSION) PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA ERA JKN SEBELUM DAN SESUDAH IMPLEMENTASI SISTEM RUJUKAN ONLINE Studi pada Rumah Sakit Umum Daerah Raden Mattaher Provinsi Jambi (Tipe B). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Cover_1.pdf Download (566kB) |
|
Text
Abstrak_1.pdf Download (313kB) |
|
Text
Daftar Isi_1.pdf Download (349kB) |
|
Text
Daftar Pustaka_1.pdf Download (327kB) |
|
Text
Lampiran_1.pdf Download (766kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (51kB) |
|
Text
BAB I_1.pdf Download (472kB) |
|
Text
BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
|
Text
BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (786kB) |
|
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) |
|
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) |
Abstract
Utilisasi pelayanan kesehatan merupakan pemanfaatan pelayanan kesehatan oleh seseorang yang digunakan untuk mengidentifikasi karakteristik yang dapat mempengaruhi penggunaan layanan kesehatan, salah satunya dibidang kesehatan gigi dan mulut. Sejak tanggal 1 Oktober 2018 BPJS Kesehatan beroperasi menggunakan sistem rujukan berbasis digital (Online). Sistem rujukan berjenjang Online merupakan sistem rujukan secara digitalisasi dengan proses rujukan berjenjang yang berguna untuk memberikan kepastian dan kemudahan bagi peserta BPJS Kesehatan dalam mendapatkan pelayanan dirumah sakit yang disesuaikan dengan jarak, kompetensi, serta kapasitas rumah sakit yang menjadi tujuan rujukan berdasarkan kebutuhan medik pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pemanfaatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut di era jaminan kesehatanan nasional sebelum dan sesudah diterapkan sistem rujukan berjenjang Online dengan melihat diagnosa pasien BPJS Kesehatan di RSUD Raden Mattaher Provinsi Jambi. Penelitian deskriptif analitik yang dilakukan dengan cara telaah data preadmission form dan data rujukan pasien BPJS Kesehatan di RSUD Raden Mattaher Provinsi Jambi yang diterima sebelum dan sesudah adanya implementasi rujukan berjenjang Online. Hasil penelitian menunjukan tidak terdapat pengaruh sistem rujukan berjenjang Online terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di RSUD Raden Mattaher dengan nilai signifikasi 0,311 (>0,05). Kesimpulan yang diperoleh yaitu implementasi sistem rujukan berjenjang Online tidak mempengaruhi pemanfaatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut, khususnya di RSUD Raden Mattaher Provinsi Jambi. kata kunci : Sistem Rujukan Berjenjang Online, Utilization Review, Preadmission Certification
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RK Dentistry |
Divisions: | Fakultas Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Gigi > Pendidikan Dokter Gigi |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 16 Oct 2020 02:05 |
Last Modified: | 16 Oct 2020 02:05 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17656 |
Actions (login required)
View Item |