PERBEDAAN SIKAP DOSEN PROFESI KESEHATAN TERHADAP IPE (Interprofessional Education) DAN IPC (Interprofessional Collaboration) Studi Analitik Observational pada Dosen Pengajar Profesi Kesehatan Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Sari, Khotifah Haning Mustika (2020) PERBEDAAN SIKAP DOSEN PROFESI KESEHATAN TERHADAP IPE (Interprofessional Education) DAN IPC (Interprofessional Collaboration) Studi Analitik Observational pada Dosen Pengajar Profesi Kesehatan Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (101kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (343kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (130kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)

Abstract

Problematika pasien yang begitu kompleks membutuhkan kinerja kolaborasi dan sharing pengetahuan dari tim profesional tenaga kesehatan. Pentingnya Interprofesional Colaborasi (IPC) dalam penyelesaian masalah pasien, menjadikan ketrampilan kerja tim sebagai suatu hal yang sangat penting untuk memastikan keselamatan pasien. Tidak hanya mahasiswa saja yang harus dipersiapkan secara matang dalam pelaksanaan IPE tapi dosen juga perlu dipersiapkan agar tujuan IPE dalam meningkatkan IPC dapat terlaksana dengan baik, karena dosen memiliki peranan penting dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian observasional analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Sejumlah 154 dosen program studi kesehatan di UNISSULA Semarang (12 kebidaanan, 10 keperawatan preklinik, 15 keperawatan klinik, 18 kedokteran gigi, 49 kedokteran umum preklinik, 39 kedokteran umum klinik dan 11 farmasi) menjadi subjek penelitian ini. Kompetensi sikap diukur melalui kuesioner mengenai sikap terhadap IPE dan IPC menggunakan skala "Attitude toward Interprofessional Healthcare Collaboration and Education”. Data seluruh profesi dianalisis secara bersamaan dengan uji Kruskal-Wallis. Terdapat perbedaan signifikan nilai sikap dosen terhadap IPE dan IPC dari nilai sikap terhadap layanan interprofesi, sikap terhadap pendidikan interprofesi, sikap terhadap pendidikan interpofesi pada setting akademik antar kelompok, dan nilai total sikap dengan masing-masing P= 0,001 ; 0,000; 0,000; 0;000. Dari uji beda yang telah dilakukan studi didapatkan hasil bahwa dosen program studi keperawatan preklinik memiliki nilai sikap paling tinggi dan dosen program studi kedokteran umum preklinik memiliki nilai sikap yang paling rendah. Perlu dilakukan faculty development program mengenai IPE dan IPC agar dosen dapat memiliki persepsi positif yang sama pada seluruh profesi sehingga IPE dapat dilaksanakan dengan baik. Kata kunci : Interprofessional Education (IPE), Interprofessional Collaboration (IPC)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 Sep 2020 06:37
Last Modified: 11 Sep 2020 06:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17521

Actions (login required)

View Item View Item