HUBUNGAN ANTARA PELAKSANAAN METODE TARGHIB DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI MA DARUL FALAH SIRAHAN CLUWAK PATI

FARIDA, AMELIA KAFILATUL (2019) HUBUNGAN ANTARA PELAKSANAAN METODE TARGHIB DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI MA DARUL FALAH SIRAHAN CLUWAK PATI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (882kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (149kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (243kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (122kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (278kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (530kB)

Abstract

Dalam usaha pencapaian tujuan belajar perlu diciptakan adanya lingkungan belajar yang kondusif. Hal ini akan berkaitan dengan proses belajar mengajar di luar maupun di dalam kelas. Keberhasilan seorang Pendidik di kelas dalam menyampaikan materi di kelas dan dapat ditanggapi dengan baik oleh peserta didik, bukan saja kebutuhan kompetensi guru dalam menguasai materi pembelajaran, tetapi ada unsur lain yang juga cukup menentukan berhasil tidaknya proses pembelajaran di kelas yakni metode. Seorang guru harus pandai dan piawai dalam menggunakan metode di hadapan muridnya. Satu diantaranya adalah metode targhib. metode targhib pertama kali diperkenalkan oleh Abdurrahman An-Nahlawi, Guru besar Tarbiyah pada Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir. pada mulanya hanya bersifat gagasan, yang kemudian dikembangkan oleh para ahli pendidikan Islam dan para cendekiawan yang memiliki perhatian besar terhadap pengembangan metodologi pendidikan dan dakwah. Metode ini sangat membantu guru dan siswa saling berinteraksi dalam menuju keberhasilan. Dalam metode ini guru bisa memberikan harapan yang menyenangkan bahkan hadiah kepada siswa yang berhasil dan memenuhi persyaratan kognitif tanpa merusak tujuan pembelajaran dan tidak menyinggung siswa yang gagal karena dilakukan dengan cara yang demokratis. Metode ini dalam pendidikan Islam sudah begitu dikenal, tetapi sayang beberapa dekade belakangan ini kurang populer lagi karena banyak pendidik Islam sendiri lebih menyukai konsep barat yang cenderung mengesampingkan aspek afektif yang dapat menghilangkan tujuan pendidikan itu sendiri yaitu membentuk manusia bukan saja pandai keintelektualannya, tetapi juga aspek spiritualnya perlu di bangun secara serempak. Di samping itu metode ini bersumber dari al-Qur’an dan alHadist yang sudah pasti kebenarannya karena sesuai dengan pertumbuhan manusia baik dari aspek Rohanidan Jasmani. Kata Kunci : Metode Targhib, prestasi belajar, mata pelajaran akhlak, peserta didik dan MA Darul Falah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Mar 2020 06:31
Last Modified: 16 Mar 2020 06:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17313

Actions (login required)

View Item View Item