KEKUATAN HUKUM AKTA NOTARIS DALAM PENGUATAN LEGALITAS BERDIRINYA BADAN USAHA MILIK DESA DILIHAT DALAM PERSPEKTIF PERMENDESA NO.4 TAHUN 2015 (Studi di Badan Usaha Milik Desa Kabupaten Semarang)

Andini, Medina Praba (2019) KEKUATAN HUKUM AKTA NOTARIS DALAM PENGUATAN LEGALITAS BERDIRINYA BADAN USAHA MILIK DESA DILIHAT DALAM PERSPEKTIF PERMENDESA NO.4 TAHUN 2015 (Studi di Badan Usaha Milik Desa Kabupaten Semarang). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (152kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (144kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (325kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (150kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengkaji dan menganalisis kekuatan hukum Akta Notaris dalam penguatan legalitas berdirinya Badan Usaha Milik Desa dilihat dalam perspektif Permendesa No 4 Tahun 2015 (Studi di Badan Usaha Milik Desa Kabupaten Semarang), 2) Untuk mengkaji dan menganalisis kelemahan-kelemahan dan solusi penyusunan Akta Notaris dalam berdirinya Badan Usaha Milik Desa di Kabupaten Semarang. Metode pendekatan yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan yuridis sosiologis, pendekatan yuridis sosiologis adalah mengidentifikasi dan mengkonsepsikan hukum sebagai institusi sosial yang riil dan fungsional dalam sistem kehidupan yang nyata. Spesifikasi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis, penelitian deskriptif analitis berusaha menggambarkan masalah hukum, sistem hukum dan mengkajinya atau menganalisisnya sesuai dengan kebutuhan dari penelitian bersangkutan. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa : 1) BUMDes didirikan berdasarkan Peraturan Desa yang dibentuk oleh Pemerintah Desa dan Badan Permusyawatan Desa berdasarkan musyawarah bersama. Selain Peraturan Desa sebagai legitimasi berdirinya BUMDes, kenyataan di lapangan ada beberapa BUMDes di Kabupaten Semarang yang telah mencantumkan Akta Notaris dalam penguatan legalitas berdirinya. Akta Notaris sebagai penguat legalitas berdirinya BUMDes mempunyai kekuatan hukum yang tetap yang dapat memberikan jaminan kepastian hukum dan perlindungan hukum di kemudian hari, 2) kelemahan-kelemahan penyusunan Akta Notaris dalam berdirinya BUMDes berdasarkan penelitian adalah : 1. Setiap BUMDes akan mempunyai format AD/ART yang berbeda dan tentunya tidak sama dengan format baku dari Notaris. 2. Referensi yang sangat minim mengenai pembuatan Akta Pendirian BUMDes. Karena di dalam Permendesa No 4 Tahun 2015 hanya ditegaskan bahwa setiap Desa dapat membentuk BUMDes berdasarkan Peraturan Desa. Pencatatan pendirian BUMDes ke dalam Akta Notaris adalah inisiatif dari pengurus BUMDes itu sendiri. Solusi dari kelemahan tersebut adalah pengetahuan serta pengalaman notaris terkait pembuatan akta BUMDes. Terkait dengan solusi yang telah disebutkan selain pentingnya pengetahuan dan pengalaman seorang Notaris dalam membuat suatu Akta, tetapi juga Notaris perlu memberikan penjelasan hukum, atas akta yang dibuat karena pelaksanaan tugas jabatan Notaris yang “Esteroik” yang artinya diperlukan pendidikan khusus dan kemampuan yang memadai untuk menjalankannya, karena dalam hal tugasnya diperlukan kecermatan, ketelitian dan ketepatan. Di samping itu Notaris sebagai pejabat umum harus peka, tanggap, mempunyai ketajaman berfikir dan mampu memberikan analisis yang tepat terhadap setiap fenomena hukum dan fenomena sosial yang muncul sehingga dengan begitu akan menumbuhkan sikap keberanian dalam mengambil tindakan yang tepat. Kata Kunci : Badan Usaha Milik Desa, Akta Notaris, Kekuatan Hukum

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 04 Mar 2020 02:49
Last Modified: 04 Mar 2020 02:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16861

Actions (login required)

View Item View Item