ANALISIS STABILITAS LERENG BESERTA PENANGANANNYA MENGGUNAKAN PROGRAM PLAXIS 8.6 (STUDI KASUS : Tanah Longsor Di Dusun Semurup, Desa Asinan, Bawen, Kabupaten Semarang)

AFIF, MUHAMMAD (2019) ANALISIS STABILITAS LERENG BESERTA PENANGANANNYA MENGGUNAKAN PROGRAM PLAXIS 8.6 (STUDI KASUS : Tanah Longsor Di Dusun Semurup, Desa Asinan, Bawen, Kabupaten Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (334kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (360kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)

Abstract

Jalan merupakan prasarana yang sangat penting dalam sistem transportasi untuk menghubungkan satu tempat ke tempat lain. Suatu perencanaan jalan diharapkan dapat memenuhi fungsi dasar jalan yaitu memberikan pelayanan yang optimal pada arus lalu lintas yang melaluinya. Pada ruas jalan Bawen arah ke Beringin, tepatnya di dusun Semurup, Asinan, Bawen, kabupaten Semarang terdapat daerah yang rawan longsor, disebabkan oleh tidak stabilnya lereng badan jalan, terjadinya erosi akibat aliran sungai serta beban muatan kendaraan yang berlebihan, sehingga mengakibatkan longsor. Dengan adanya kasus longsor tersebut, maka perlu diadakan evaluasi terhadap kondisi lereng jalan. Untuk melakukan analisa, diperlukan adanya data lapangan. Data diperoleh dengan cara mengadakan penelitian sesuai metode yang telah di tentukan. Pengumpulan data di bagi menjadi 2, yaitu data Primer dan data Sekunder. Analisis dimulai dengan pemodelan kondisi awal pada lokasi menggunakan program Plaxis 8.6 2D. Pemodelan dibuat sesuai data – data yang didapatkan sebelumnya. Kemudian masuk kedalam perhitungan, lalu hasil perhitungan kondisi awal akan diperoleh. Dari hasil tersebut, didapatkan angka keamanan (SF) apakah sudah memenuhi, yaitu SF > 1,5. Kalau SF < 1,5 maka harus dilakukan perkuatan pada lereng tersebut. Cara perkuatan yang dilakukan adalah dengan pembangunan Dinding Penahan Tanah ( DPT ). Untuk menentukan dimensi DPT, dengan cara memasukkan data tanah dan beban kedalam program Microsoft Excel yang telah dibuat rumus. Dengan melakukan Trial & Error, didapatkan dimensi DPT yang paling sesuai untuk perkuatan tanah. Setelah itu, pemodelan DPT dilakukan dengan program Plaxis 8.6 2D, kemudian dilakukan perhitungan, angka perhitungan yang didapatkan setelah penanganan harus menjadikan lereng tersebut kuat dan aman. Selain menggunakan program Plaxis 8.6 2D, dilakukan juga perhitungan manual dengan rumus Mohr Coulomb sebagai pembanding hasil yang muncul. Kata kunci : Dusun Semurup, Asinan, Bawen, Kabupaten Semarang; Tanah Longsor; Perkuatan Tanah; Program Plaxis 8.6 2D; Safety Factor; Rumus Mohr Coulomb

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 04 Mar 2020 02:42
Last Modified: 04 Mar 2020 02:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16842

Actions (login required)

View Item View Item