ANALISIS HUKUM TERHADAP STATUS NOTARIS SEBAGAI TURUT TERGUGAT DALAM SENGKETA HARTA GONO GINI (Studi Atas Putusan Pengadilan Negeri Ungaran No:105/Pdt.G/2016/PN.Unr)

Ichlas, Rudy Iskandar (2019) ANALISIS HUKUM TERHADAP STATUS NOTARIS SEBAGAI TURUT TERGUGAT DALAM SENGKETA HARTA GONO GINI (Studi Atas Putusan Pengadilan Negeri Ungaran No:105/Pdt.G/2016/PN.Unr). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (504kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (211kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (211kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (133kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (758kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (152kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini menguraikan bahwa Notaris yang memiliki status hukum sebagai turut tergugat dalam sebuah sengketa gono gini secara profesional akan dihubungkan dengan reputasinya Penelitian ini bertujuan: a. Untuk mengetahui dan menjelaskan alasan hukum penggugat terkait notaris sebagai turut tergugat dalam putusan nomor : 105/Pdt. G / 2016 / PN. Unr., b. Untuk mengetahui dan menjelaskan akibat hukum bagi Notaris sebagai turut tergugat dalam putusan nomor : 105/Pdt. G / 2016 / PN. Unr. Penelitian ini menggunakan pendekatan socio legal research. Metode ini sebagai metode positivistik karena berlandaskan pada filsafat positivisme. Metode ini sebagai metode ilmiah/scientific karena telah memenuhi kaidah-kaidah ilmiah yaitu kongkrit/empiris, obyektif, terukur, rasional, dan sistematis. Metode ini juga disebut metode konfirmatif, karena metode ini cocok digunakan untuk pembuktian/konfirmasi. Penelitian ini menghasilkan: 1. Berdasarkan alasan hukum penggugat diketahui bahwa kedudukan Anief Ratnawati, S.H., Notaris / PPAT di Ungaran sebagai Turut Tergugat sangat merugikan karena Akta Hibah No. 183/HIB/UNR/VI/1997., yang diterbitkan oleh Notaris Sri Rachma Chandrawati, SH. Karena tidak adanya kepastian hukum sebagai Turut Tergugat maka statusnya dari segi hukum juga tidak jelas, kabus atau obscuur libel. Sedangkan Berdasarkan Pasal 65 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004 Tentang Jabatan Notaris, tangung jawab hukum atas Akta Hibah No. 183/HIB/UNR/VI/1997., masih menjadi tangung jawab Notaris Sri Rachma Chandrawati, SH. Sehingga dengan demikian status Turut Tergugat dalam perkara nomor : 105/Pdt. G / 2016 / PN. Unr, menjadi salah sasaran sehingga secara hukum gugatan tersebut adalah error in persona..2. Akibat hukum bagi Notaris sebagai Turut Tergugat dalam putusan perkara nomor :105/Pdt.G/2016/PN. Unr., didasari atas Akta Hibah No. 183/HIB/UNR/VI/1997., yang diterbitkan oleh Notaris Sri Rachma Chandrawati, SH., pada 14 Juni1997. Tangung jawab hukum atas akta dimaksud tidak tepat dibebankan kepada Anief Ratnawati, SH. selaku Notaris/PPAT di Ungaran selaku Notaris yang menggantikan sehingga ditarik ke dalam sengketa menjadi Turut Tergugat. Karena tidak berwenang dari segi waktu (Onbevoegdheid Ratione Temporis). Kata Kunci: Analisis, Status , Turut Tergugat, Sengketa, Gono Gini

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 03 Mar 2020 04:12
Last Modified: 03 Mar 2020 04:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16740

Actions (login required)

View Item View Item