Sasongko, Dwi Putranto Bimo (2014) Model Inovasi Pelayanan Publik di Kantor Perpustakaan Kabupaten Wonosobo. Masters thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.
|
Text
cover.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (76kB) | Preview |
Abstract
Inovasi Pelayanan Publik merupakan usaha untuk memecahkan masalah tanggung jawab pemerintah untuk melaksanakan kegiatan atau rangkaian kegiatan layanan kepada masyarakat baik berbentuk layanan administratif maupun pelayanan barang dan jasa sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku,dengan ide-ide dalam unit kerja yang melaksanakan pelayanan publik, untuk memperoleh solusi-solusi yang baru dan terarah untuk kemudian dipilih dan diimplementasikan guna memberikan nilai tambah dan membawa perubahan positif kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis profil Kantor Perpustakaan Kabupaten Wonosobo yang mencakup kebijakan pelaksanaan inovasi pelayanan publik sesuai dengan peraturan tentang pelayanan publik dan kreatifitas dalam usaha meningkatkan pelayanan publik. Kemudian mendiskripsikan profil sumber daya manusia Kantor Perpustakaan Kabupaten Wonosobo dalam implementasi kebijakan inovasi pelayanan publik dan mendiskripsikan profil kepuasan pengguna perpustakaan di Kantor Perpustakaan Kabupaten Wonosobo berdasarkan Indek Kepuasan Masyarakat (IKM). Pada akhirnya hasil dari penelitian di atas dapat mendapatakan model inovasi peningkatkan pelayanan publik di Kantor Perpustakaan Kabupaten Wonosobo yang mampu meningkatkan jumlah pengunjung. Penelitian ini menggunakan metode kwalitatif dengan mengambil responden dari internal Kantor Perpustakaan Kabupaten Wonosobo dan responden eksternal dari pengunjung atau pengguna Kantor Perpustakaan Kabupaten Wonosobo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melakukan inovasi pelayanan publik di birokrasi diperlukan pengetahuan dan menjalankan peraturan tentang pelayanan publik yang telah ditetapkan pemerintah. Kemudian perlunya komitmen yang kuat dalam pelaksanaan kebijakan inovasi pelayanan publik. Selain itu pelibatan masyarakat sangat penting dilakukan. Adapun inovasi pelayanan publik yang mampu meningkatkan jumlah pengunjung di Kantor Perpustakaan Kabupaten Wonosobo adalah pelaksanaan pelayanan publik sesuai peraturan, kebijakan perpustakaan sebagai pusat kegiatan masyarakat, dan perpustakaan sebagai pusat pembelajaran. Kata Kunci : Inovasi, Pelayanan Publik, Peraturan Perundang-Undangan, Komitmen, Pelibatan Masyarakat, Minat Baca
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 16 Dec 2015 02:29 |
Last Modified: | 16 Dec 2015 02:29 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/1663 |
Actions (login required)
View Item |