AN ANALYSIS OF GRAMMATICAL ERROR IN WRITING RECOUNT TEXT OF THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMAN 8 SEMARANG IN THE ACADEMIC YEAR 2013/2014

Khamdala, M. Lukni (2014) AN ANALYSIS OF GRAMMATICAL ERROR IN WRITING RECOUNT TEXT OF THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMAN 8 SEMARANG IN THE ACADEMIC YEAR 2013/2014. Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa grammatical errors dalam penulisan teks recount oleh siswa-siswi SMAN 8 Semarang pada tahun akademik 2013/2014. Bahasa Inggris mempunyai peran penting sebagai media komunkasi di jaman globlalisasi ini. Di indonesia, bahasa inggris telah diajarkan sebagai bahasa asing (EFL). Dalam pembelajaran, istilah “error” lazim terjadi sebagai salah satu bagian dari proses suatu pembelajaran. Dalam studi akhir ini, penulis menggunakan teks recount sebagai object penelitian. Penulis melakukan study kualitatif dimana data diperoleh dari hasil karangan teks recount sejumlah 20 teks. Peneliti menggunakan metode analisis error sebagai berikut: pengumpulan data, identifikasi error, pendeskripsian error, penjelasan error, dan evaluasi. Dalam hasil study tugas akhir ini, penulis mengklasifikasikan error menjadi 7: error in using verb forms, subject and verb agreement, article, preposition, pluralization, pronouns, and conjunctions. Pada chapter IV, penulis menemukan bahwa terdapat 307 grammatical error yang dilakukan siswa siswa, dimana error tersebut dibagi menjadi: 202 errors in using verb forms, 2 errors in subject-verb agreement, 13 errors in using article, 33 errors in using preposition, 4 errors in pluralization, 36 errors in the use of pronouns, and 17 errors in conjunctions. Hasil study ini menunjukan bahwa siswa-siswi masih membutuhkan latihan yang lebih berkaitan dengan past tense, recount, dan aspek grammatical yang terkait (error yang terjadi disebabkan oleh Intralingual transfer). Penulis berharap hasil penelitian ini dapat ambil bagian dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris. Baik itu dari sudut pandang pengajar maupun murid. Kata Kunci: Recount text, the use of past tense, an error analysis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 16 Dec 2015 02:30
Last Modified: 16 Dec 2015 02:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/1659

Actions (login required)

View Item View Item