Penegakan Hukum Terhadap Pemberantasan Tindak Pidana Pencurian Kendaraan Bermotor Di Wilayah Hukum Polda Jateng (Studi Kasus Yang Ditangani Polda Jateng)

ADMAJA, WAHYU ADHI (2019) Penegakan Hukum Terhadap Pemberantasan Tindak Pidana Pencurian Kendaraan Bermotor Di Wilayah Hukum Polda Jateng (Studi Kasus Yang Ditangani Polda Jateng). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (659kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (89kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (8kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (214kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (308kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (166kB)

Abstract

Tesis dengan judul “Penegakan Hukum Terhadap Pemberantasan Tindak Pidana Pencurian Kendaraan Bermotor di wilayah hukum Polda Jateng (Studi Kasus Yang Ditangani Polda Jateng)” latar belakang masalah dari penulisan tesis ini adalah 1) Bagaimana penegakan hukum terhadap pemberantasan tindak pidana pencurian kendaraan bermotor di wilayah hukum Polda Jateng? 2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penegakan hukum terhadap pemberantasan tindak pidana pencurian kendaraan bermotor di wilayah hukum Polda Jateng? 3) Bagaimana seharusnya penegakan hukum terhadap pemberantasan tindak pidana pencurian kendaraan bermotor di wilayah hukum Polda Jateng dimasa yang akan datang?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian yuridis empiris yaitu jenis penelitian hukum sosiologis dan dapat disebut pula dengan penelitian lapangan, yaitu mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta apa yang terjadi dalam kenyataannya di masyarakat. Dalam penelitian ini, hukum dikonsepkan sebagai suatu gejala empiris yang dapat diamati di dalam kehidupan nyata. Hasil penelitian dengan menyimpulkan bahwa: 1) Penegakan hukum terhadap pemberantasan tindak pidana pencurian kendaraan bermotor di wilayah hukum Polda Jateng untuk mengendalikan atau menanggulangi kejahatan (politik kriminal) menggunakan 2 (dua) sarana, yaitu: a) Sarana non penal b) Sarana penal 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi penegakan hukum terhadap pemberantasan tindak pidana pencurian kendaraan bermotor di wilayah hukum Polda Jateng terdiri atas faktor intern dan ekstern. Faktor intern adalah yang terjadi dari dirinya sendiri, sementara faktor ekstern adalah faktor yang tercipta dari luar dirinya, faktor inilah yang bisa dikatakan cukup kompleks dan bervariasi. Kesenjangan sosial, kesenjangan ekonomi, ketidak adilan, dsb, merupakan contoh penyebab terjadinya tindak kriminal yang berasal dari luar dirinya. 3) Penegakan hukum terhadap terhadap pemberantasan tindak pidana pencurian kendaraan bermotor di wilayah hukum Polda Jateng di masa yang akan datang adalah dengan mengoptimalkan penyidikan, efektif dan efisien tentunya pembenahan, dengan melalui perubahan-perubahan diatas diharapkan terwujud sosok penyidik yang profesional, bersih, berwibawa dan dicintai rakyat yang dilindungi, diayomi serta dilayani. Langkah-langkah tersebut tercermin pada integritas pribadi setiap penyidik/penyidik pembantu secara utuh. Kata Kunci: Penegakan Hukum, Pemberantasan, Pencurian Kendaraan Bermotor

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 24 Feb 2020 02:33
Last Modified: 24 Feb 2020 02:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16333

Actions (login required)

View Item View Item