TINJAUAN YURIDIS PEMIDANAAN TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENCABULAN TERHADAP ANAK (Studi Kasus Di Pengadilan Negeri Demak)

M. SHOLEH, M. SHOLEH (2019) TINJAUAN YURIDIS PEMIDANAAN TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENCABULAN TERHADAP ANAK (Studi Kasus Di Pengadilan Negeri Demak). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (9kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (171kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (325kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (147kB)

Abstract

Skripsi ini meneliti dua hal pokok yakni : pertama, dasar pemidanaan pertimbangan hakim dalam menjatuhkan hukuman pidana terhadap tindak pidana pencabulan pada anak yang di lakukan oleh orang dewasa pada Putusan 69/Pid.Sus/2017/PN.Dmk di Pengadilan Negeri Demak, dan kedua Apa hambatan yang mempengaruhi pemidanaan terhadap tindak pidana pencabulan pada anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemidanaan pencabulan terhadap anak itu di lakukan dan juga untuk mengetahui apa yang menjadi hambatan-hambatan atau kendala-kendala pada saat di persidangan. Data yang diperoleh dengan menggunakan metode penelitian secara yuridis sosiologis.Yuridis merupakan suatu pendekatan yang menggunakan asa dan prinsip hukum yang berasal dari peraturan-peraturan yang tertulis.sosiologis merupakan suatu pendekatan yang bertujuan untuk memperjelas keadaan yang sesungguhnya didalam masyarakat terhadap suatu masalah yang diteliti atau dengan kata lain dapat memberikan arti penting pada langkah-langkah observasi juga suatu upaya penelitian yang lain mendasarkan pada peraturan juga menjadikan data dengan data printer yang diperoleh ditempat penelitian Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan hukum pidana dalam putusan hakim dalam perkara No.69/Pid.Sus/2017/PN.Dmk di Pengadilan Negeri Demak telah sesuai dengan perundang-undangan, dalam hal ini diatur dalam diatur dalam 76C jo Pasal 80 ayat (1) Undang-Undang RI No. 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang RI No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan dalam menjatuhkan vonis pidana hakim telah memberikan pertimbangan-pertimbangan sesuai dengan fakta yang terungkap di persidangan. Dengan adanya pengaturan hukum yang jelas mengenai tindak pencabulan terhadap anak, maka di harapkan bahwa setiap penegak hukum mampu untuk menegakan dan menerapkan setiap ketentuan- ketentuan yang ada dalam KUHP dan peraturan perundang-undangan yang terkait sesuai dengan kualifikasi atau jenis tindak pidana pencabulan anak dibawah umur yang di lakukannya. Selain itu penerapan hukumnya diharapkan memberikan efek jera pada pelaku kekerasan anak. Kata Kunci : Pemidanaan Pencabulan, Perlindungan Hukum Anak, Tindak Pidana Pencabulan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 18 Feb 2020 07:59
Last Modified: 18 Feb 2020 07:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16222

Actions (login required)

View Item View Item