PEMILIHAN CHEMICAL UNTUK PROSES FATLIQUOR-ING PADA PENYAMAKAN KULIT DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN METODE TECHNIQUE OF ORDER PREFERENCE BY SIMI- LARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS) (Studi Kasus di UD. Hoki Mulia Magetan)

FATHONI, ALFIN ICHSANUL (2019) PEMILIHAN CHEMICAL UNTUK PROSES FATLIQUOR-ING PADA PENYAMAKAN KULIT DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN METODE TECHNIQUE OF ORDER PREFERENCE BY SIMI- LARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS) (Studi Kasus di UD. Hoki Mulia Magetan). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (49kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (47kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (61kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)

Abstract

Dalam dunia industri, pemilihan bahan baku merupakan aktifitas yang sangat penting karena peran bahan baku yang digunakan nantinya sangat mempengaruhi dalam keberhasilan perusahaan. UD.Hoki Mulia merupakan salah satu unit perusahaan yang bergerak di industry penyamakan kulit berada di kawasan UPT Industri Kulit dan Produk Kulit Kabupaten Magetan. UD. Hoki Mulia seringkali dihadapkan permasalahan dalam hal pengendalian pemilihan bahan fatliquoring agent yang didatangkan dari berbagai supplier. yang sering bergonta-ganti dalam pemakaian bahan chemical yang digunakan sepanjang tahun 2017 sehingga mempengaruhi dalam proses produksinya yang sering dikeluhkan oleh operator produksi dikarenakan setiap awal melakukan proses produksi harus merumuskan ulang formulasi yang digunakan, dan juga setiap bergonta-ganti chemical seperti itu dirasa boros dalam pengaplikasianya sehingga berdampak pada biaya produksi dan juga pada dampak lingkungan disekitarnya. Penelitian ini menggunakan metode AHP dan TOPSIS. Metode AHP digunakan untuk menghitung prioritas kriteria dan subkriteria. Hasil pembobotan subkriteria dan hasil kuisioner digunakan untuk input metode TOPSIS. Metode TOPSIS bertujuan untuk menentukan alternatif terbaik yang tidak hanya memiliki jarak terpendek dari solusi ideal positif, namun juga memiliki jarak terjauh dari jarak solusi ideal negatif. Berdasarkan pengisian kuisioner yang dilakukan, dihasilkan 5 kriteria dan 7 subkriteria dalam pemilihan bahan chemical. Ditinjau dari hasil metode AHP didapat bobot kriteria terbesar adalah kriteria karakter chemical dengan bobot (0.33). Sedangkan perhitungan dengan menggunakan metode TOPSIS, maka didapat alternatif yang mempunyai rangking pertama adalah chemical Yolkanol L5TC dengan nilai sebesar 0.83 atau presentase 25.54%. Kata kunci : Pemilihan chemical, AHP, TOPSIS, chemical terbaik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 18 Feb 2020 07:39
Last Modified: 18 Feb 2020 07:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16164

Actions (login required)

View Item View Item