ANALISIS POSTUR KERJA MANUAL MATERIAL HANDLING DENGAN METODE OWAS (OVAKO WORK POSTUR ANALYSIS SYSTEM) (STUDI KASUS : PT. CAHAYA AGUNG CEMERLANG)

TRIWIDIASTUTI, RIDHA ANISA (2019) ANALISIS POSTUR KERJA MANUAL MATERIAL HANDLING DENGAN METODE OWAS (OVAKO WORK POSTUR ANALYSIS SYSTEM) (STUDI KASUS : PT. CAHAYA AGUNG CEMERLANG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (216kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (81kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

PT Cahaya Agung Cemerlang merupakan perusahaan distributor yang beroperasi di wilayah Pantura hingga Salatiga. Produk yang didistribusikan oleh PT Cahaya Agung Cemerlang adalah produk dari PT Unilever yang berupa Ice Cream Walls, Belfoods, Nestle, Susu Greenfield, Lada Bubuk, Minyak Sania dan Kotex. Salah satu tugas utama PT Cahaya Agung Cemerlang sebagai distributor yaitu melakukan loading (memuat barang) dan unloading (pembongkaran barang) pada gudang. Loading (memuat barang) pada PT. Cahaya Agung Cemerlang merupakan kegiatan saat barang dimuat dari gudang ke dalam mobil pickup oleh pekerja untuk selanjutnya didistribusikan ke pelanggan.Unloading (pembongkaran barang) pada PT. Cahaya Agung Cemerlang merupakan kegiatan pembongkaran barang yang dibawa truk dari pusat untuk selanjutnya dilakukan pembongkaran di gudang. Pada penelitian ini, hanya dilakukan pengamatan pada proses unloading barang dengan tujuan melakukan analisa dan perbaikan postur kerja kepada pekerja gudang pengangkutan barang pada PT Cahaya Agung Cemerlang.Proses unloading pada PT. Cahaya Abadi Cemerlang dilakukan 1-2 kali per minggu. Pekerja yang melakukan proses unloading, melakukan aktivitas ini selama ±5 jam yang terdiri 4 pekerja. Aktivitas tersebut memiliki indikasi kesalahan postur kerja pada aktivitas pembongkaran barang (unloading) oleh pekerja gudang di PT Cahaya Agung Cemerlang. Sehingga, perlu dilakukan analisis postur kerja bagi para pekerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode OWAS (Ovako Work Analysis System), metode ini digunakan untuk menghitung postur kerja pekerja saat melakukan proses pembongkaran barang. Postur kerja dibagi menjadi 4 aktivitas yaitu menata brang di truk, memanggul, meletakan barang, dan menata barang di gudang. Perhitungan dilakukan dengan cara merekam postur kerja para pekerja kemudian memberikan kode menurut postur kerja yang dilakukan. Kode yang telah di tentukan kemudian dihitung kemudian menghasilkan kategori level sikap kerja. Hasil perhitungan untuk postur kerja menata barang di truk menghasilkan kategori level kerja 2, memanggul menghasilkan kategori level sikap kerja 3, meletakan barang kategori level sikap kerja 2 dan 3, dan menata barang mendapatkan kategori level sikap kerja 3. Berdasarkan perhitungan diatas dilakukan perbaikan yang menghasilkan penurunan nilai kategori level 3 ke nilai kategori level 1 pada aktivitas memanggul, meletakan barang (1) dan menata barang Kata Kunci : Manual Material Handling, PT. Cahaya Agung Cemerlang, OWAS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 18 Feb 2020 07:30
Last Modified: 18 Feb 2020 07:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16138

Actions (login required)

View Item View Item