PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN KAPASITAS PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN UTILITAS DAN PERFORMANSI DALAM MEMINIMALKAN KETERLAMBATAN PENGIRIMAN (Studi Kasus PD. Warna Harapan)

WIBOWO, EKO ARIES TANTO (2019) PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN KAPASITAS PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN UTILITAS DAN PERFORMANSI DALAM MEMINIMALKAN KETERLAMBATAN PENGIRIMAN (Studi Kasus PD. Warna Harapan). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (284kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (608kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)

Abstract

Proses produksi yang pada PD. Warna Harapan belum terukur secara menyeluruh baik dari segi kapasitas produksi dan kebutuhan produksi yang diingikan sehingga proses penjadwalan pun tidak dilakukan dengan tepat serta inovasi dan peningkatan yang dilakukan tidak terlalu meningkatkan performa dari lini produksi. Proses penjadwalan yang dilakukan pada PD. Warna Harapan menggunakan metode FCFS atau dengan mejadwalkan produk yang dipesan pertama adalah yang diproses produksi terlebih dahulu tanpa mempertimbangkan kapasitas lini produksi sehingga banyak menempatkan produk dengan volume yang tidak sesuai dengan kemampuan mesin produksi sehingga lini produksi dengan kapasitas besar terkadang mengerjakan produk yang kecil dan lini produksi dengan kapsitas kecil harus dipaksakan mengerjakan produk dengan volume yang besar. Hasil penelitian yang didapat yaitu Proses penjadwalan yang dilakukan di PD. Warna Harapan saat ini masih banyak kendala dikarenakan penjadwalan yang tidak sesuai antara jumlah order dengan mesin yang digunakan. Kapasitas yang dimiliki setiap lini produksi yang dimiliki oleh PD. Warna Harapan yaitu mesin 1 sebesar 200 kg/hari, mesin 2 sebesar 175 kg/hari, mesin 3 dan 4 sebesar 120 kg/hari, dan untuk mesin 5 sebesar 80kg/hari.Klasifikasi order berdasarkan kebutuhan dan kapasitas produksi yaitu dengan pengelompokan jumlah order dan identifikasi mesin yang sesuai kapasitas order sehingga tidak terjadi lead time yang besar. Klasifikasi unit produksi berdasarkan kapasitasnya yaitu dengan penerapan metode MPS dan RCCP dan disempurnakan dengan penjadwalan ulang dengan SPT. Penjadwalan yang tepat untuk menyesuaikan kebutuhan produk dengan kapasitas produksi yang dimiliki dengan menjadwalkan ulang dengan metode SPT yaitu dengan mengelompokkan order yang waktu penyelesaiannya kecil untuk didahulukan Perbandingan antara proses penjadwalan yang dilakukan oleh perusahaan dengan hasil analisa yang dilakukan hasilnya jadwal usulan memiliki waktu penyelesaian lebih kecil yaitu rata rata 19% lebih kecil dibandingkan dengan jadwal yang sudah dilakukan diperusahaan sehingga Utilitas naik 43% dan performansi jadwal usulan lebih tinggi dari jadwal dan penjadwalan yang tidak mengalami keterlambatan. Kata Kunci : Produksi, Penjadwalan, Utilitas, Kapasitas, MPS, RCCP, SPT

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 18 Feb 2020 06:21
Last Modified: 18 Feb 2020 06:21
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16102

Actions (login required)

View Item View Item