"ERBANDINGAN PROSEDUR PEMILIHAN KEPALA DESA BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN GROBOGAN NOMOR 6 TAHUN 2016 DAN MENURUT UNDANG – UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 (Studi Kasus di Desa Rawoh Kec. Karang-Rayung Kab.Grobogan)

KUNCORO, ADI (2019) "ERBANDINGAN PROSEDUR PEMILIHAN KEPALA DESA BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN GROBOGAN NOMOR 6 TAHUN 2016 DAN MENURUT UNDANG – UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 (Studi Kasus di Desa Rawoh Kec. Karang-Rayung Kab.Grobogan). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (739kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (11kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (113kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (211kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (297kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (210kB)

Abstract

Pemilihan kepala desa merupakan salah satu bentuk politik lokal ditingkatdesa yang sejalan dalam mewujudkan otonomi desa. Pemerintah turutmenjaga danmengawasi otonomi desa yang di berikan oleh pemerintah melaluiPeraturanPemerintah Nomor 43 tahun 2014 desa yang kemudian diatur olehPeraturanPemerintah Kabupaten Grobogan No 6 tahun 2016 tentang pemilihankepala desa.Peraturan pemerintah tersebut bertujuan untuk menjaga agarpemilihan kepala desatersebut dapat berjalan dengan baik dan lancerdenganperaturan yang telahditetapkan.Melalui Peraturan tersebut diharapkandapat menjaga nilai-nilai yangterkandung dalam masyarakat desa.Tujuan daripenelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pemilihan kepala desa di desarawoh tahun 2019 melalui pemilihan yang dipilih langsung oleh masyarakatsetempat sesuai dengan undang-undang tentang desa No 6 tahun 2014 yang dilaksanakan oleh Negara melalui pemerintah daerah dan pemerintah desa yangberwenang.Skripsi ini merupakan deskripsi penelitian tentang pelaksanaanpemilihankepala desa di Desa Rawoh, Grobogan.Penelitian dilakukan denganmenelititahapan-tahapan pemilihan kepala desa mulai dari tahap pencalonanhinggapemungutan suara. Penelitian juga dilakukan dalam meneliti permasalahanyang adadalam proses pemilihan kepala desa. Tujuan penelitian ini ingin melihatpelaksanaankepala desa dengan melihat kesesuaian tahapan yang telah diaturdalam PeraturanPemerintah No 43 Tahun 2014.Metode yang digunakan adalahdeskripsi kualitatif, dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa pelaksanaanpemilihan kepala desa Rawoh telah melalui tahapan-tahapan yang telah diaturoleh perundang-undangan namun terdapat permasalahanyang terdapat dalamrangkaian proses pemilihan kepala desa tersebut. Kata Kunci: Desa, Pemilihan, pemilih, konflik, kampanye.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 18 Feb 2020 06:12
Last Modified: 18 Feb 2020 06:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/16082

Actions (login required)

View Item View Item