PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENCURIAN OLEH ANAK DALAM PROSES PERSIDANGAN (Studi Kasus Perkara Nomor 4/Pid.Sus-Anak/2018/PN Wsb)

Krisnandari, Nadia Laudista (2019) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENCURIAN OLEH ANAK DALAM PROSES PERSIDANGAN (Studi Kasus Perkara Nomor 4/Pid.Sus-Anak/2018/PN Wsb). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Saat ini, banyak kejadian yang menarik perhatian masyarakat yaitu semkain meningkatnya delinquensi /kenakalan anak-anak serta meningkatnya jumlah anak-anak yang melakukan perbuatan pidana, khususnya pada kasus pencurian yang dilakukan oleh anak. Hal ini merupakan akibat dari perkembangan dan perubahan struktur masyarakat. Penulisan skripsi dengan judul “Perlindungan Hukum Terhadap Pelaku Tindak Pidana Oleh Anak Dalam Proses Persidangan” yang dilatar belakangi dengan maraknya tindak pidana pencurian oleh anak, maka tujuan dari penulisan ini adalah: (1) untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap pelaku tindak pidana pencurian oleh anak dalam proses persidangan di Pengadilan Negeri Wonosobo. (2) untuk mengetahui kendala dan solusi hakim dalam memberikan perlindungan hukum bagi pelaku tindak pidana pencurian yang dilakukan oleh anak dalam proses persidangan di Pengadilan Negeri Wonosobo. Metode penelitian yang digunakan dalam menyusun penulisan ini dengan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis, yaitu penulisan yang tidak hanya menggunakan peraturan prundang-undangan, asas-asas hukum dan prinsip dalam meninjau, melihat dan menganalisa suatu masalah, melainkan penelitian ini juga meninjau bagaimana pelaksanaan dalam prakteknya. Hasil penelitian dari penulis ini menunjukkan bahwa: (1) Bentuk perlindungan hukum terhadap anak dalam proses persidangan dilakukan dalam bentuk selama proses persidangan anak diperiksa dalam suasana kekeluargaan, pelaksanaan sidang dilakukan secara tertutup, sidang dilakukan dengan hakim tunggal, berdasarkan hasil laporan pembimbing kemasyarakatan, didampingi oleh orang tua atau wali, penasehat hukum dan pembimbing kemasyarakatan, serta penjatuhan pidana yang lebih ringan dari orang dewasa. (2) Kendala yang dihadapi adalah adanya jarak BAPAS yang cukup jauh yang bisa menghambat proses persidangan, serta kendala dari pendampingan dari Penasehat Hukum dan orang tua/wali yang enggan hadir. Solusinya adalah dengan memberikan pengertian, pemahaman dan penyebarluasan pengertian mengenai hak dan kewajiban, keadilan serta pemikiran positif yang dapat menjadikan pedoman dalam bersikap dan bertindak atau ikut serta melibatkan diri dalam pelaksanaan perlindungan anak. Kata Kunci: Perlindungan hukum, Anak, Tindak Pidana Pencurian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jan 2020 07:17
Last Modified: 27 Jan 2020 07:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15642

Actions (login required)

View Item View Item