TINJAUAN HUKUM PEMIDANAAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA GOLONGAN 1 BAGI PECANDU NARKOTIKA BEDASARKAN UU N0 35 TAHUN 2009 (STUDI KASUS PENGADILAN NEGERI SEMARANG)

Nugroho, Muhammad Thariq Adi (2019) TINJAUAN HUKUM PEMIDANAAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA GOLONGAN 1 BAGI PECANDU NARKOTIKA BEDASARKAN UU N0 35 TAHUN 2009 (STUDI KASUS PENGADILAN NEGERI SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (771kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (867kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (123kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (366kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (271kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (354kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)

Abstract

Penyalahgunaan narkotika dan obat obatan berbahaya (narkoba) adalah fenomena yang telah lama yang di alami oleh beberapa negara di samping itu penyalahgunaan narkotika merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh beberapa orang pecandu sebab narkotika merupakan obat yang mujarab jika orang tersebut mengalami kesulitan atau sebuah masalah, Seperti dalam kasus putusan nomor 450/Pid.Sus/2018/PN Smg yang dengan segaja mengonsumsi zat yang dapat menimbulkan pengaruh tertentu bagi mereka yang menggunakannya dengan cara memasukkan obat tersebut ke dalam tubuhnya, pengaruh tersebut berupa pembiasan, hilangnya rasa sakit rangsangan semangat dan halusinasi. Permasalahan yang di hadapi adalah bagaimana penerapan hukum pidana terhadap Penyalahgunaan narkotika golongan 1 dan bagaimanakah pertimbangan hakim dalam menjatuhkan sanksi pidana terhadap pelaku Penyalahgunaan narkotika golongan1. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya penegakan hukum maupun penerapan sanksi pidana terhadap pelaku penyalahgunaan narkotika golongan1 di Pengadilan Negeri Semarang dan untuk mengetahui pertimbangan Hakim dalam memutuskan perkara tindak pidana narkotika golongan1 baik dalam Putusan Pengadilan Negeri Semarang No. 450/Pid.Sus/2018/PN.Smg. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis sosiologis. Pendekatan sosiologis adalah mengidentifikasi dan mengonsepsikan hukum sebagai institusi sosial yang rill dan fungsional dalam sistem kehidupan yang nyata pendekatan yuridis sosiologis adalah menekan penelitian yang bertujuan memperoleh pengetahuan hukum secara empiris dengan terjun langsung ke obyeknya Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa, upaya penegakan hukum terhadap pelaku tindak pidana penyalahgunaan narkotika baik di Pengadilan Negeri Semarang pada pertimbangan hakim dalam memutus perkara No. 450/Pid.Sus/2018/PN.Smg. telah sesuai karena mempertimbangkan 3 aspek yuridis pertimbangan hakim di dasarkan pada fakta-fakta yang terungkap dipersidangan terdakwa telah memenuhi semua unsur dari pasal yang didakwakan. Kata Kunci : Narkotika, Tindak Pidana, Pecandu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jan 2020 07:13
Last Modified: 27 Jan 2020 07:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15636

Actions (login required)

View Item View Item