UPAYA KEPOLISIAN DALAM PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PERJUDIAN TOTO GELAP DI WILAYAH SEMARANG (Studi Kasus Polrestabes Semarang)

Nur, Muhammad Dian Rusydi (2019) UPAYA KEPOLISIAN DALAM PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PERJUDIAN TOTO GELAP DI WILAYAH SEMARANG (Studi Kasus Polrestabes Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (37kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (128kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (405kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)

Abstract

Perjudian toto gelap yang merupakan kegiatan rutin di suatu wilayah di Semarang Barat bukan hal yang tabu pada saat ini. Perjudian sebagai salah satu yang digolongkan sebagai penyakit masyarakat, tetap saja ada dan dilakukan oleh anggota masyarakat tertentu untuk mendapatkan keuntungan yang diperkirakan dapat diperoleh melalui judi. Urgensi penulisan yang berjudul “Upaya Kepolisian dalam Penanggulangan Tindak Pidana Perjudian Toto Gelap di Wilayah Semarang” bertujuan: 1) Untuk mengetahui penanggulangan yang menyebabkan terjadinya tindak pidana perjudian toto gelap di Kota Semarang. 2) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi pihak berwajib dalam menangani dan menanggulangi tindak pidana perjudian toto gelap yang terjadi di Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam menyusun penulisan ini dengan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis, yaitu penulisan yang tidak hanya menggunakan peraturan perundang-undangan, asas-asas hukum dan prinsip-prinsip dalam meninjau, melihat dan menganalisa masalah-masalah terkait dengan perjudian toto gelap, melainkan penelitian ini juga meninjau bagaimana pelaksanaannya dalam prakteknya. Hasil penelitian dari penulisan ini menunjukkan bahwa: 1) Upaya Kepolisian dalam Penanggulangan Tindak Pidana Perjudian Toto Gelap di Wilayah Semarang dengan melalui 3 (Tiga) metode, yaitu: Metode Pre-emtif, Metode Preventif, dan Metode Represif; 2) Kendala Kepolisian dalam Penanggulangan Tindak Pidana Perjudian Toto Gelap di Wilayah Semarang meliputi: Masyarakat tertutup memberikan informasi, adanya pengamanan dari oknum-oknum tertentu Perjudian sebagai salah satu penyakit masyarakat, dan pelaku melarikan diri ketika Polisi ingin melakukan penggerebekan di warung atau rumah yang diduga sebagai tempat dilakukannya tindak pidana perjudian. Kemudian solusi dari Kepolisian terhadap kasus tersebut meliputi: mengadakan penyuluhan ke masyarakat, menempatakan personil kepolisian atau pengamanan untuk mencegah terjadinya tindak pidana perjudian di lingkungan masyarakat umum, berkoordinasi oleh pihak penjabat setempat, memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak tertarik terjun ke dunia perjudian, dan untuk Tersangka (pelaku/bandar) dalam penanganannya akan diperiksa dan di introgasi ke polsek terdekat untuk penindakan lebih lanjut. Kata Kunci: Upaya Kepolisian, Tindak Pidana Perjudian, Toto Gelap

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jan 2020 07:06
Last Modified: 27 Jan 2020 07:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15625

Actions (login required)

View Item View Item