ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT KESEHATAN BANK DENGAN MENGGUNAKAN METODE RISK PROFILE, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, EARNINGS DAN CAPITAL (RGEC) PADA BANK UMUM BUMN DAN BANK SWASTA NON DEVISA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014-2016

KUSUMANINGRUM, IRA (2019) ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT KESEHATAN BANK DENGAN MENGGUNAKAN METODE RISK PROFILE, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, EARNINGS DAN CAPITAL (RGEC) PADA BANK UMUM BUMN DAN BANK SWASTA NON DEVISA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014-2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (944kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (209kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (308kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (415kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (268kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (446kB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam kegiatan penelitian ini antara lain untuk mengetahui tingkat kesehatan Bank Umum Milik Negara dan Bank Swasta Non Devisa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016 dengan analisis RGEC. Variabel yang diuji dalam penelitian kali ini adalah rasio keuangan sesuai metode RGEC, dengan variabel beberapa rasio yaitu: Risk Profile (Profil Risiko), Good Corporate Governance, Earnings (Rentabilitas), Capital (Permodalan). Pemilihan sampel menggunakan non probability dengan purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang atau kesempatan sama bagi tiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Maka peneliti memberikan batasan sampel berdasarkan kriteria yaitu mengeluarkan laporan tahunan pada tahun 2014-2016 dan tersedianya data yang diperlukan secara. Berdasarkan kriteria tersebut maka ditetapkan sampel penelitian sebanyak 4 Bank Umum BUMN dan 22 Bank Swasta Non Devisa. Total sampel sebanyak 26 sampel yang mewakili sebagai obyek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, yaitu mengumpulkan data sekunder dalam bentuk laporan tahunan bank yang sudah dipublikasi oleh bank yang bersangkutan melalui website masing-masing bank yang menjadi sampel. Analisis statistik deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengetahui nilai variabel-variabel dalam penelitian. Variabel risk profile dan good corporate governance, earning dan capital menggunakan uji statistik untuk mengetahui perbedaan dari masing-masing variabel. Uji normalitas dilakukan dengan uji Kolmogorov-Smirnov. Uji normalitas ini berfungsi untuk menentukan alat uji statistik apa yang digunakan. Apabila data yang diuji ternyata terdistribusi normal, maka akan digunakan statistik parametrik dimana hipotesis diuji dengan uji beda Independent Sampel T-Test. Namun bila data tidak terdistribusi secara normal maka akan digunakan statistik non parametrik dimana hipotesis diuji dengan uji Mann-Whitney Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan antara kesehatan Bank Umum BUMN dan Bank Swasta Non Devisa dilihat dari dari rasio NPL, LDR, NIM, CAR dan terdapat perbedaan antara kesehatan Bank Umum BUMN dan Bank Swasta Non Devisa dilihat dari dari rasio GCG dan ROA Kata-kata kunci: RGEC, Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, Capital, kesehatan bank.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 21 Jan 2020 06:06
Last Modified: 21 Jan 2020 06:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15161

Actions (login required)

View Item View Item