Komparasi Kapasitas Jalan Model Greenshield, Greenberg dan Underwood Terhadap Perhitungan MKJI 1997 Di Ruas Jalan Jendral Sudirman Kabupaten Batang

Sholahudin, Farhan (2019) Komparasi Kapasitas Jalan Model Greenshield, Greenberg dan Underwood Terhadap Perhitungan MKJI 1997 Di Ruas Jalan Jendral Sudirman Kabupaten Batang. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (603kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (285kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (151kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (27kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (402kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (920kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (358kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jalan Jendral Sudirman merupakan salah satu Ruas Jalan di Kabupaten Batang yang memiliki fungsi arteri primer, merupakan akses utama yang menghubungkan lokasi-lokasi vital. Hal tersebut menjadikan Ruas Jalan Jendral Sudirman ini memiliki beberapa permasalahan transportasi. Dalam perencanaan, perancangan dan penetapan berbagai kebijaksanaan sistem transportasi, teori pergerakan arus lalu lintas memegang peranan yang sangat penting. Untuk mempermudah penerapan teori pergerakan lalu lintas digunakan metode pendekatan matematis untuk menganalisa gejala yang berlangsung dalam arus lalu lintas. Salah satu cara pendekatan untuk memahami perilaku lalu lintas tersebut adalah dengan menjabarkannya dalam hubungan matematis dan grafis dengan memperhatikan hubungan antara kecepatan (V), kepadatan (D) dan volume (Q) lalu lintas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik lalu lintas pada ruas Jalan Jendral Sudirman Kabupaten Batang yang terdiri dari 3 (tiga) parameter utama yaitu volume, kecepatan dan kepadatan dengan menggunakan beberapa model matematis diantaranya Model Greenshield, Greenberg, dan Model Underwood. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hasil perbandingan dari salah satu model terpilih dengan perhitungan kapasitas jalan berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997). Dari hasil analisis data dengan menggunakan Model Greensheld, dapat diketahui bahwa karakteristik lalu lintas pada Ruas Jalan Jendral Sudirman yaitu Model Greenshield dengan kecepatan arus bebas (Sf) = 52,043 km/jam, kepadatan macet yang terjadi (Dj) = 70,207 smp/km dan volume maksimum atau kapasitas jalan (Vmaks)= 3.654,088 smp/jam. Dengan estimasi model yang dihitung menggunakan Model Greenshield dan perhitungan kapasitas estimasi dari MKJI 1997 mempunyai perbedaan sekitar 15,49%. Hal ini bisa menjadi bukti bahwa mengeneralisasi pemakaian Buku Manual seperti MKJI 1997 dalam mengestimasi nilai kapasitas suatu lokasi jalan tertentu tanpa mengkaji lebih jauh sifat/perilaku pengemudi, karakteristik kendaraan dan lingkungan jalan akan beresiko kepada biasnya hasil estimasi kapasitas yang didapatkan. Oleh karena itu, penggunaan pedoman yang ada seperti MKJI 1997 sangat perlu kejelian dalam menilai kondisi lingkungan jalan dan karakteristik lalu lintasnya. Kata Kunci : Karakteristik Lalu Lintas, Volume, Kecepatan, Kepadatan, Greenshield, Greenberg, Underwood

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2020 06:27
Last Modified: 17 Jan 2020 06:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15011

Actions (login required)

View Item View Item