PENDETEKSIAN FINANCIAL STATEMENT FRAUD DALAM PERSPEKTIF FRAUD PENTAGON PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

FILAEL, FISICHELLA DINSA NOOR (2019) PENDETEKSIAN FINANCIAL STATEMENT FRAUD DALAM PERSPEKTIF FRAUD PENTAGON PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (606kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (165kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (586kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (248kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (267kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis faktor-faktor kecurangan dalam teori fraud pentagon dalam mendeteksi kecurangan laporan keuangan. Fraud pentagon diproksikan dengan sepuluh variabel yang terdiri dari empat elemen pressure (financial target, financial stability, external pressure, institutional ownership), dua variabel dari elemen opportunity (ineffective monitoring dan quality of auditor external ), satu variabel dari elemen rationalization (change in auditor), satu variabel dari elemen capability (change in directors), dan tiga variabel dari elemen arrogance (frequent number of CEO’s pictures dan dualism potition) yang dihipotesiskan mempengaruhi financial statement fraud. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2014-2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel yang diperoleh adalah 45 perusahaan manufaktur yang memenuhi kriteria, sehingga diperoleh 135 pengamatan di periode 2014-2016. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi logistik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan financial target berpengaruh negatif dan tidak signifikan dalam memprediksi financial statement fraud, financial stability berpengaruh negatif dan tidak signifikan dalam memprediksi financial statement fraud, external pressure berpengaruh positif dan signifikan dalam memprediksi financial statement fraud, institutional ownership berpengaruh positif dan signifikan dalam memprediksi financial statement fraud, ineffective monitoring berpengaruh positif dan tidak signifikan dalam memprediksi financial statement fraud, quality of auditor external berpengaruh negatif dan signifikan dalam memprediksi financial statement fraud, change in auditor berpengaruh negatif dan tidak signifikan dalam memprediksi financial statement fraud, change of director berpengaruh negatif dan tidak signifikan dalam memprediksi financial statement fraud, frequent number of CEO’s picture berpengaruh negatif dan tidak signifikan dalam memprediksi financial statement fraud, dualism potition berpengaruh negatif dan tidak signifikan dalam memprediksi financial statement fraud. Kata kunci: Financial Statement Fraud, Fraud Pentagon, Financial Target, Financial Stability, External Pressure, Institutional Ownership, Ineffective Monitoring, Quality of auditor External, Change in Auditor, Change of Director, Frequent Number of CEO’s Picture, Dualisme Potition.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2020 06:24
Last Modified: 17 Jan 2020 06:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15003

Actions (login required)

View Item View Item