PERAN DAN FUNGSI LEMBAGA PEMASYARAKATAN DALAM PEMBINAAN NARAPIDANA NARKOTIKA (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Kedungpane Semarang)

PUTRA, FADLY RAYHAN MANGARA (2019) PERAN DAN FUNGSI LEMBAGA PEMASYARAKATAN DALAM PEMBINAAN NARAPIDANA NARKOTIKA (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Kedungpane Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (881kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (700kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (454kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (169kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)

Abstract

Penyalahgunaan narkotika merupakan salah satu masalah yang hingga saat ini menjadi masalah dan tantangan yang besar yang dihadapi oleh bangsa Indonesia. Jumlah pemakai narkoba di Indonesia tercatat sangat tinggi. Tingginya angka pemakai narkotika di Indonesia menjadikan negara ini sebagai sasaran peredaran gelap narkotika. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peran dan fungsi lembaga pemasyarakatan diatur dalam hukum pidana positif, untuk mengetahui peran dan fungsi Lembaga Pemasyarakatan dalam membina narapidana khususnya pelaku tindak pidana narkotika dan untuk mengetahui adakah permasalahan pelaksanaan kebijakan Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang terhadap narapidana pelaku tindak pidana narkotika. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis dengan jenis penelitian deskriptif analitis. Penelitian ini mengambil lokasi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Kedungpane Semarang. Dengan sumber datanya berasal dari data primer dan sekunder, dan analisa data yang digunakan adalah kualitatif dengan tekhnik pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan studi dokumen. Dari hasil penelitian adalah dilihat dari sudut pandang hukum pidana positif tentang peran dan fungsi lembaga pemasyarakatan adalah unit pelaksana teknis di bidang pembinaan narapidana. Lembaga Pemasyarakatan berada di bawah dan bertanggungjawab langsung kepada Kantor Wilayah Departemen Hukum dan HAM. Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) bertugas memberikan bimbingan kemasyarakatan dan pelayanan masyarakat, bimbingan klien pemasyarakatan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Peran dan fungsi pembinaan Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Kedungpane Semarang telah menggunakan pembinaan bertahap yang dikenal dengan tahapan pembinaan meliputi kegiatan kepribadiaan dan pembinaan kemandirian. Kendala-kendala yang dihadapi Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Kedungpane Semarang adalah Keterbatasan Dana, Keterbatasan Petugas atau SDM di Lembaga Pemasyarakatan Kelas Satu Kedungpane Semarang, Keterbatasan Fasilitas dan Ruangan Belajar. Cara mengatasi dalam rangka mengatasi Kendala-kendala tersebut Lembaga Pemasyarakatan Kelas Satu Kedungpane bekerjasama dengan Instansi supaya Pembinaan berjalan dengan lancar, dan memilih Narapidana yang berkeahlian khusus untuk membantu Petugas dalam menjalankan tugas. Dan perlunya kepedulian keluarga, masyarakat dan dunia usaha, setelah pihak Lembaga Pemasyarakatan Kelas Satu Kedungpane membuka diri dengan sosialisasi program-program pembinaan internal seperti melakukan Kunjungan keluarga, dan melihat hasil karya Narapidana dan mendukung Program-program pembinaan yang berdampak simbiolis mutualisme. Kata Kunci : Peran, Fungsi, Lembaga Pemasyarakatan, Pembinaan, Narapidana, Narkotika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jan 2020 07:01
Last Modified: 16 Jan 2020 07:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14967

Actions (login required)

View Item View Item