ANALISIS PERANCANGAN FASILITAS KERJA YANG ERGONOMIS MENGGUNAKAN METODE IDENTIFY,DESIGN, EVALUATE, ADAPT, SUSTAIN (IDEAS) (Studi Kasus: CV. Aneka Kulit Jepara)

ATMAJA, ARYAN DWI (2019) ANALISIS PERANCANGAN FASILITAS KERJA YANG ERGONOMIS MENGGUNAKAN METODE IDENTIFY,DESIGN, EVALUATE, ADAPT, SUSTAIN (IDEAS) (Studi Kasus: CV. Aneka Kulit Jepara). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

CV. Aneka Kulit adalah salah satu produsen yang bergerak di bidang kulit sapi dan kulit hewan lainya, CV. Aneka Kulit yang terletak di desa Tahunan jepara, jawa tengah sudah berdiri selama 11 tahun. CV. Aneka Kulit termasuk perusahaan yang sangat di kenal di kalangan industri furniture di jepara. Setiap hari bisa memproduksi kulit hingga 20 lembar yang akan dipasang pada kursi atau sofa yang dinantinya akan dijual dalam negeri maupun luar negeri (ekspor). Pada CV. Aneka Kulit terdapat 5 proses yaitu proses pembuatan pola, pengecatan, penjahitan, pemasangan kulit dan finishing. Pada penelitian ini subjek yang digunakan pada proses pembuatan pola dan pemasangan kulit karena proses tersebut di lakukan dengan posisi kerja yang tidak nyaman atau fasilitas kerja yang tidak menunjang, seperti proses pembuatan pola dimana proses yang dilakukan pada saat membuka kulit dilakukan dengan cara berdiri dan pembuatan pola dilakukan diatas lantai dengan cara jongkok dan menunduk. Sedangkan pada proses pemasangan kulit pekerja melakukan pekerjaan dengan posisi jongkok dan menunduk karena produk yang akan dikerjakan berada dilantai. Metode yang digunakan adalah metode IDEAS yaitu Identify, Design, Evaluate, Adapt, dan Sustain. Identify adalah proses dimana pengidentifikasian masalah pada proses pembuatan pola dan pemasangan kulit. Design yaitu mendesain proses pekerjaan pembuatan pola dan pemasangan kulit sebelum dan sesudah perbaikan fasilitas kerja. Evaluate yaitu melakukan penilaian dengan menggunakan skor RULA. Adapt adalah pengimplementasian perbaikan pada perusahaan. Sedangkan sustain yaitu pemberian peraturan pada pekerja dalam melaksanakan perbaikan pada pekerjaanya. Berdasarkan pengolahan yang dilakukan maka didapat nilai NBM pada proses pencetakan kulit dan pemasangan kulit memiliki nilai NBM yang tinggi dan sedang, sehingga pada proses tersebut diperlukan tindakan segera untuk yang tinggi dan mungkin diperlukan perbaikan. Usulan kursi yang diberikan adalah kursi untuk proses pemasangan karet, pemasangan busa dan pemasangan kulit. Sedangkan usulan meja diberikan untuk proses pembuatan pola dengan karton dan pemotongan kulit. Hasil dari implementasi yang dilakukan menunjukan bahwa terjadi penurunan level resiko pada pekerja berdasarkan postur tubuh pekerja. Untuk proses pembuatan pola dengan karton semula level skor 6 (sedang) menjadi 4 (kecil), pemasangan karet dari skor 6 (sedang) menjadi skor 3 (kecil), proses pemotongan kulit dari skor 7 (tinggi) menjadi skor 4 (kecil), pemasangan busa dari skor 7 (tinggi) menjadi skor 3 (kecil), dan pemasangan kulit dari skor 7 (tinggi) menjadi skor 3 (kecil). Hal ini menunjukkan bahwa alat bantu tersebut membantu para pekerja untuk mengatasi keluhan yang selama ini dirasakan oleh para pekerja. Sedangkan untuk tindak lanjut penerapan yang dilakukan dengan memberikan prosedur kerja pada proses pembuatan pola dan pemasangan kulit. Kata Kunci : CV. Aneka Kulit, Fasilitas Kerja , IDEAS, RULA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 14 Jan 2020 06:31
Last Modified: 14 Jan 2020 06:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14789

Actions (login required)

View Item View Item