Evaluasi Kinerja Jalan Brigjend Sudiarto Pasca Berlakunya Kebijakan Pemindahan Terminal Terboyo Menuju Terminal Penggaron Kota Semarang

NOORCAHYONO, BAGAS and PUTRA, DHIAZ PRADIKTO MARDI (2019) Evaluasi Kinerja Jalan Brigjend Sudiarto Pasca Berlakunya Kebijakan Pemindahan Terminal Terboyo Menuju Terminal Penggaron Kota Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (969kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (101kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (77kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (182kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (180kB)

Abstract

Kota Semarang merupakan salah satu kota di Indonesia yang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Semarang mempunyai jumlah penduduk 1.729.428 jiwa dengan laju pertumbuhan 0.49% dan tingkat kepadatan penduduk 4.310 jiwa/km2 pada tahun 2017. Jalan Brigjend Sudiarto merupakan jalan yang terletak di Kota Semarang bagian timur dan menjadi satu-satunya jalan penghubung antara Kota Semarang dengan daerah yang menjadi batas sebelah timur Kota Semarang yaitu Kabupaten Demak. Jalan Brigjend Sudiarto setiap hari melayani pergerakan lalu lintas dari arah Timur (Kabupaten Demak) maupun dari arah Barat (Kota Semarang) yang menjadikan jalan Brigjend Sudiarto sebagai ruas jalan vital dari Kabupaten Demak menuju arah Kota Semarang. Pada tanggal 1 Oktober 2018 Pemerintah Kota Semarang menerbitkan kebijakan pemindahan Terminal Terboyo menuju Terminal Penggaron dan Terminal Mangkang. Karena letak Terminal Penggaron yang melewati Jalan Brigjend Sudiarto, maka kebijakan tersebut mempengaruhi volume pergerakan lalu lintas di ruas jalan tersebut. Pada Tugas Akhir ini dilakukan penelitian, analisa, dan pembahasan pada ruas jalan Brigjend Sudiarto Kota Semarang segmen jalan depan Hotel Horison – Nindya sampai simpang lampu merah Pedurungan Kota Semarang pasca berlakunya kebijakan pemindahan Terminal Terboyo menuju Terminal Penggaron yang menghasilkan nilai derajat kejenuhan (Degree Of Saturation/DS) sebesar 0.65 untuk arah Timur ke Barat dan 0.63 untuk arah Barat ke Timur. Dengan Tingkat Pelayanan (Level of Service/LOS) kategori “C” dengan batas lingkup derajat kejenuhan Q/C yaitu antara 0.45–0.74 yang berarti jalan tersebut memiliki arus yang stabil serta kecepatan dan pergerakan kendaraan dapat dikendalikan. Ruas jalan Brigjend Sudiarto Kota Semarang segmen jalan depan Hotel Horison – Nindya sampai simpang lampu merah Pedurungan Kota Semarang akan mengalami penurunan kinerja jika tidak dilakukan upaya untuk mempertahankan kinerja pada ruas jalan tersebut. Dengan ukuran lebar jalan dan kapasitas jalan saat ini hanya akan mampu melayani arus lalu lintas dengan kategori “C” sampai pada tahun 2020. Kata kunci : Jalan Brigjend Sudiarto; Kinerja Ruas Jalan; Terminal Terboyo; Terminal Penggaron; Tingkat Pelayanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jan 2020 07:25
Last Modified: 13 Jan 2020 07:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14708

Actions (login required)

View Item View Item