HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN BIDAN TENTANG PELAYANAN KIA DENGAN PERILAKU PELAYANAN KIA Studi Observasional di Puskesmas Kota Semarang Tahun 2019

AJI, RIZKY ASVIANTO (2019) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN BIDAN TENTANG PELAYANAN KIA DENGAN PERILAKU PELAYANAN KIA Studi Observasional di Puskesmas Kota Semarang Tahun 2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftarisi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf

Download (125kB)
[img] Text
babI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
babIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
babII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
babV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text
daftar_pustaka.pdf

Download (792kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (3MB)
[img] Text
babIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Masalah Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia. Hal ini dikarenakan angka kematian ibu dan angka kematian bayi yang ada di Indonesia yang masih tinggi. Pelayanan KIA yang dilakukan harus didukung dengan pengetahuan yang baik sehingga standar pelayanan dapat dilakukan secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan bidan tentang pelayanan KIA dengan perilaku dalam pelayanan KIA di Puskesmas Kota Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Penelitian ini menggunakan sampel 30 bidan yang melakukan pelayanan KIA (ANC sampai pelayanan balita) pada bulan Februari 2019 di 5 puskesmas yang menjadi lokasi penelitian. Pengetahuan dan perilaku pelayanan diukur menggunakan kuesioner dari PERMENKES 2018. Data di analisis dengan rank spearman. Tidak terdapat hubungan signifikan antara pengetahuan bidan dalam pelayanan KIA dengan perilaku bidan dalam pelayanan KIA dengan nilai p=0,613 rerata skor pengetahuan 79,73 ±3,74 dan rerata skor perilaku pelayanan bidan dengan rerata skor 70,43 ±12,24. Kesimpulan penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan antara pengetahuan bidan tentang pelayanan KIA dengan perilaku dalam pelayanan KIA di Puskesmas Kota Semarang Kata kunci :pengetahuan, perilaku pelayanan, bidan, KIA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2020 06:14
Last Modified: 07 Jan 2020 06:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14442

Actions (login required)

View Item View Item