Analisis Penurunan tanah pada Oprit Jembatan Timbunan Tinggi Tanpa Penanganan Dan Dengan Penanganan Geotekstil, Preloading, Dan Counterweight

FACHRURROZI, ARDIAN (2018) Analisis Penurunan tanah pada Oprit Jembatan Timbunan Tinggi Tanpa Penanganan Dan Dengan Penanganan Geotekstil, Preloading, Dan Counterweight. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (382kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (891kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (255kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (282kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (656kB)

Abstract

Pulau Jawa merupakan pulau paling padat di Indonesia. Kususnya di Provinsi Jawa Tengah sendiri penduduk sekitar 33,75 juta. Banyak kota di Jawa tengah sendiri sedang mengalami pertumbuhan ekonomi. Guna mempermudah kegiatan perekonomian tersebut pemerintah melakukan program pembangunan Jalan jembatan antar kecamatan maupun antar kota untuk mempermudah akses jalan. Akses itu sendiri akan memberikan dampak yang cukup besar terhadap perkembangan ekonomi daerah dan akses antar kecamaatan, Perancangan pembangunan Jembatan harus seefektif dan seefisien mungkin, sehingga pembangunan jembatan dapat memenuhi keamanan dan kenyamanan bagi para pengguna jembatan, sehingga perlu dilakukan perencanaan jembatan pada perencanaan jalan utama. Tanah lunak dengan daya dukung yang rendah serta tingkat kompresbilitas yang besar pada tanah dasar di bawah timbunan oprit dapat menyebabkan terjadinya kelongsoran pada oprit jembatan dan timbulnya kerusakan pada perkerasan jalan diatas timbunan serta penghubung antara oprit dan abutment. Perbaikan tanah pada oprit menganalisis hasil total displacement pada tanah, tekanan air pori berlebih (Excess pore Water Pressure), tegangan efektif (Effective Stresses), penurunan pada timbunan tinggi pada pembangunan Jembatan dengan penambahan geotekstil pada timbunan jembatan dengan program numerik Plaxis V.8.2, sehingga dapat dibandingkan hasil perhitungan penurunan total, tekanan air pori berlebih. Setelah konstruksi terkonsolidasi selama 50 tahun, Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan, Timbunan Tinggi tanpa Penanganan mengalami keruntuhan saat pembebanan Lalulintas, sehingga dilakukan penanganan menggunakan Geotekstil, Counterweight, dan Preloading besaran penurunan total setelah terkonsolidasi 50 tahun diperoleh penurunan total yang terjadi pada Timbunan Tinggi dengan Penanganan sebesar 0,14 m. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan, besaran penurunan 1 tahun setelah konstruksi adalah 3,6 cm.Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan, besaran nilai Safety Factor (SF) 1 tahun setelah akhir konstruksi adalah 1,5466 yang memenuhi syarat kriteria Long Periode.Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan, besaran nilai Safety Factor (SF) 10 tahun setelah akhir konstruksi adalah 1,5494 yang memenuhi syarat kriteria Long Periode. . Kata kunci : Tanah lunak, Oprit, Geotekstil, Plaxis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jan 2020 06:07
Last Modified: 06 Jan 2020 06:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14419

Actions (login required)

View Item View Item