Konsep Pengendalian Banjir Rob Di Kota Semarang ( Studi Pada Kaligawe dan Genuk )

NURMALA WIJAYANTI, RIMA (2018) Konsep Pengendalian Banjir Rob Di Kota Semarang ( Studi Pada Kaligawe dan Genuk ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (465kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (252kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (574kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (332kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (54kB)

Abstract

Rob merupakan fenomena gelombang air laut pasang naik, sebagai akibat dari pengaruh gaya tarik antara Matahari, Bulan dan Bumi. Muka air pasang yang lebih tinggi akan mendorong muka air saluran drainase masuk ke arah hulu, dengan kekuatan gelombang yang dihasilkan dari energi kinetik dan potensial gelombang, sehingga jumlah tampungan air pada saluran drainase melebihi kapasitasnya dan meluap ke daratan dan menggenangi daratan dengan elevasi yang lebih rendah dari elevasi muka air rob. Banjir rob telah terjadi di Kota Semarang sejak lama dan kondisinya menjadi semakin buruk dari waktu ke waktu. Dalam rangka menentukan konsep pengendalian banjir rob dilakukan kajian pada daerah aliran sungai Kali Tenggang dan Sringin, meliputi analisis hidrologi, analisis hidrolika, analisis angin dan analisis pengangkutan sedimen. Dalam penyelesaian permasalahan banjir harus dilakukan pada satu sistem sungai utuh dari hulu ke hilir. Konsep pengendalian banjir rob terbagi menjadi tiga yaitu pda area dispersal, transport, dan collecting. Dimana pada area dispersal dilakukan pencegahan masuknya rob melalui saluran drainase dan daratan pantai dengan memberi penghalang berupa rubber dam pada saluran drainase dan kosntruksi tanggul antai pada daratan pantai. Sedangkan pada area transport dilakukan normalisasi saluran drainase untuk menambah kapasitas sungai dalam mengalirkan debit. Pada area collecting dilakukan penghijauan dan penambahan ruang terbuka hijau sebagai respan air hujan untuk mengurangi jumlah run off. Kata Kunci: banjir, rob, drainase

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jan 2020 06:01
Last Modified: 06 Jan 2020 06:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14407

Actions (login required)

View Item View Item