ASMARA PUTRA, DIRGA (2018) Modified Bitumen With Feldspar Use For Binder Of Stone Mastic Asphalt. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (65kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Download (540kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (74kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (293kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (874kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (748kB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (71kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (931kB) |
Abstract
Indonesia dengan total luas lahan 1.904.569 km dan populasi 255.461.700 orang, memiliki 38.569,82 km panjang jalan nasional, ribuan kilometer jalan telah dibangun di seluruh dunia. Manusia terus mengembangkan pembangunan konstruksi jalan baik yang berbahan beton atau aspal. Guna meningkatkan kualitas aspal untuk memenuhi kebutuhan saat ini banya bitumen di modifikasi dengan bahan-bahan lain agar meningkatkan daya tahan, kekuatan bitumen dan menurunkan harga bitumen itu sendiri Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki Feldspar sebagai bahan modifikasi bitumen. Agar dapat dicampurkan dengan bitumen, Feldspar dijemur dibawah sinar matahari, lalu ditumbuk, serta disaring dengan saringan #100 & #200 sehingga menjadi serbuk. Dalam penelitian ini di gunakan aspal dengan penetrasi 60/70 lalu dicampur dengan Feldspar sebanyak 5%, 10%, 15%, 20%, dan 25% dari berat aspal 400 gram dengan suhu 160⁰ hingga merata, lalu pengujian dilakukan pada suhu 25⁰C. Kelima campuran Feldspar dengan bitumen tersebut dinamakan Properties Of Feldspar Modified Bitumen. Uji konsistensi yang terdiri dari uji penetrasi, uji titik lembek, dan berat jenis. Dari hasil uji penetrasi dan titik lembek didapatkan angka indeks penetrasi (PI). PI adalah angka yang menyatakan tingkat kerentanan bahan pengikat bahan campuran aspal (bitumen). Semakin tinggi angka PI semakin tahan bitumen terhadap suhu tinggi. Hasil PI menunjukkan bahwa semakin besar kadar Feldspar didalam bitumen, maka Feldspar Modified Bitumen akan semakin tahan terhadap perubahan suhu. Dalam penelitian ini, didapatkan nilai PI 5% adalah -0,1, 10% adalah -0,2, 15% adalah -0,2, 20% adalah -0,05, dan 25% adalah 0. Karena itu bitument modifikasi dengan 20% dan 25% Feldspar memiliki angka PI yang paling tinggi yaitu -0,05 dan 0 digunakan sebagai bahan pengikat campuran aspal tipe SMA 14. Hasil uji marshall menunjukkan bahwa campuran aspal dengan menggunakan Feldspar sebagai bahan pengikat memiliki nilai kekakuan yang lebih baik dibandingkan dengan campuran aspal murni tapi tidak lebih baik dari aspal Starbit. Dapat disimpulkan bahwa Feldspar layak digunakan sebagai bahan pengikat aspal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 31 Dec 2019 06:45 |
Last Modified: | 31 Dec 2019 06:45 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14356 |
Actions (login required)
View Item |