PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK DI SMP NU BANCAR TUBAN

ARIFAH, ZAHRO (2019) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK DI SMP NU BANCAR TUBAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (6kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (222kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (114kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (167kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (275kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)

Abstract

Di era globalisasi sekarang, pendidikan agama Islam akan merasakan dampak negatif yang luar biasa bagi perubahan mental diri dari peserta didik, hal ini sebagai bentuk dari gencarnya serangan yang muncul dari kemajuan informasi yang sekarang sangat mudah untuk diakses dan diserap oleh peserta didik. padahal pendidikan agama Islam memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan. Oleh karena itu, pelajaran yang dikemas dan disampaikan kepada peserta didik haruslah selalu sesuai dengan pertumbuhan mental dan kondisi zamannya. Disinilah fungsi dan peran penting guru agama sebagai pengajar, pendidik, sekaligus motivator yang senantiasa memberi motivasi peserta didik, dengan menuntut dedikasi yang berlandaskan pada kompetensi profesional seorang guru, guna menyukseskan pendidikan agama Islam di sekolah. Tujuan dari peneliti yakni untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar dari peserta didik di sekolah SMP NU Bancar Tuban Dalam penelitian ini peneliti menggunakan rancangan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian field research. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP NU Bancar Tuban tahun ajaran 2018/2019. Sampling pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sehingga sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan angket yang berfungsi untuk mengetahui data mengenai pengaruh kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar pendidikan agama Islam peserta didik. Hasil penelitian ini adalah (1) ada pengaruh antara kompetensi profesional guru dengan motivasi belajar peserta didik, hasil didapat dari nilai signifikansi kurang dari 0,05, nilai signifikansi 0,001 (2) Berdasarkan analisis uji kelinieran regresi sederhana menyatakan bahwa nilai F hitung sebesar 12,256 dan F tabel sebesar 3,18 , dengan jumlah responden sebanyak 54 peserta didik. Dari perolehan hasil tersebut, menunjukkan adanya pengaruh positif antara kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar peserta didik (3)peserta didik memiliki pandangan yang baik tentang kompetensi profesionali guru, dengan jumlah presentase 46,30% dan mean atau rata-rata 65. peserta didik memiliki pandangan yang baik tentang motivasi belajar peserta didik, dengan presentase 35,19% dan mean atau rata-rata 72. Berkenaan dengan skripsi ini, peneliti menyadari bahwa masih terdapat banyak kesalahan dan jauh dari kesempurnaan. Peneliti akan memperbaiki tulisan ini dengan berpedoman pada sumber-sumber yang dapat dipertanggungjawabkan. Oleh karena itu, peneliti mengharapkan kritik dan saran terkait pembahasan ini. Kata Kunci : pengaruh, kompetensi, profesional, guru, motivasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2019 07:23
Last Modified: 30 Dec 2019 07:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14318

Actions (login required)

View Item View Item