PENANGGULANGAN KENAKALAN SISWA MELALUI BIMBINGAN KONSELING ISLAMI DI MTS AL MUHARIYYAH KRANDON GUNTUR DEMAK TAHUN AJARAN 2018/2019

Mufarikhah, Umi (2019) PENANGGULANGAN KENAKALAN SISWA MELALUI BIMBINGAN KONSELING ISLAMI DI MTS AL MUHARIYYAH KRANDON GUNTUR DEMAK TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (332kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (295kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (419kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah Penanggulangan Kenakalan Siswa Melalui Bimbingan Konseling Islami di Mts Al Muhariyyah Krandon Guntur Demak Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi ini membahas mengenai masalah-masalah bentuk kenakalan, faktor kenakalan dan penerapan penanggulangan kenakalan siswa melalui bimbingan kenakalan siswa melalui kenakaln siswa. Kenakalan siswa merupakan salah satu masalah yang sudah tidak asing lagi untuk kita dengar dan kita lihat. Kenakalan siswa merupakan perbuatan yang melanggar norma, baik norma sosial, norma hukum, norma kelompok dan mengganggu dapat ketentraman masyarakat. Kenakalan remaja disebabkan oleh faktor diantaranya faktor keadaan keluarga, keadaan lingkungan sekolah, dan keadaan lingkungan masyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu 1), Untuk mendeskripsikan kenakalan siswa yang ada di MTs Al Muhariyyah Krandon Guntur Demak, 2) Untuk mendeskripsikan penanggulangan kenakalan siswa melalui bimbingan konseling Islami di MTs Al Muhariyyah Krandon Guntur Demak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul lalu dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan bimbingan dan konseling Islami di MTs Al Muhariyyah Krandon berdasarkan pada kebutuhan siswa agar kegiatan bimbingan dan konseling dapat berjalan sesuai dengan masalah yang dihadapi siswa. Pelaksanaan bimbingan konseling Islami di MTs Al Muhariyyah dilaksanakan secara teratur, terarah dan berkelanjutan. 2) peran bimbingan dan konseling Islami dalam mengatasi kenakalan siswa di MTs Al Muhariyyah Krandon Guntur Demak yaitu melalui tiga tindakan bimbingan konseling Islami yaitu tindakan preventif, represif, dan kuratif. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan memberikan sumbangan pemikiran atau saran yang semoga dapat menjadi upaya untuk mengurangi atau mengatasi masalah yang dihadapi siswa. Kata Kunci : Kenakalan Siswa, Bimbingan Konseling Islami

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2019 07:20
Last Modified: 30 Dec 2019 07:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14314

Actions (login required)

View Item View Item