ASHARI, TONO (2018) Analisis Perilaku Fondasi Piled raft Pada Tanah Lunak. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (916kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (329kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Download (22kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (202kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (808kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (216kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (3MB) |
Abstract
Syarat sebuah struktur fondasi adalah mampu menahan struktur bangunan diatasnya dimana harus mencapai tanah keras agar tidak terjadi penurunan pada bangunan. Namun, pada tanah lunak penggunaan fondasi tiang sangat kurang efisien karena karakteristik tanah lunak yang lemah terhadap daya dukung dan memiliki masalah penurunan yang besar. Oleh sebab itu, penggunaan fondasi piled raft semakin banyak dipilih pada pembangunan struktur gedung bertingkat pada daerah tanah lunak karena lebih ekonomis dan memiliki fungsi mendistribusikan beban struktur diatasnya ke lapisan tanah dalam tekanan yang seragam karena berperilaku sebagai pile float sehingga dapat mengurangi perbedaan penurunan yang terjadi akibat pembebanan dan ujung pile tidak perlu mencapai tanah keras. Tujuan dalam penelitian tugas akhir ini adalah untuk mengetahui distribusi reaksi gaya, daya dukung tiang dan penurunan yang terjadi pada struktur fondasi piled raft pada tanah lunak dengan program Plaxis v8.2. Perancangan dengan plaxis dilakukan mulai dari menentukan parameter tanah, menghitung propertis tanah, propertis tiang pancang dan fondasi raft. Analisis perhitungan manual daya dukung menggunakan metode Meyerhof dan metode Briaud. Sedangkan analisis penurunan tanah dihitung menggunakan teori Vesic (1977) dan penurunan konsolidasi menggunakan metode Terzaghi and Peck. Hasil dari perhitungan secara daya dukung analitis dengan metode Mayerhof dan metode Briaud terjadi perbedaan. Studi kasus pemodelan dengan aplikasi plaxis antara pemodelan dengan piled, raft, dan piled – raft, yang dibuat menghasilkan beberapa perbedaan displacement yang signifikan, Gaya aksial yang terjadi pada tiang, semakin panjang tiang maka gaya yang di terima tiang semakin besar, sebaliknya gaya geser yang terjadi pada raft semakin kecil. Distribusi gaya normal yang terjadi pada tiang dari atas bernilai besar hingga ke bawah semakin kecil, berarti menandakan bahwa tiang mengalami tahanan gesekan (Friction Pile) dan tahanan lekatan (Adhesive Pile) pada tanah lunak dan penurunan tiang pada pemodelan melebihi angka penurunan yang diijinkan dan Nilai angka keamanan yang di hasilkan, semakin panjang tiang mengalami peningkatan pada angka keamanan, dari hasil angka keamanan dapat menentukan kombinasi pemodelan yang efisien dan cocok di gunakan. Untuk hasil analisis pemodelan tiang, raft, dan piled – raft, pada pemodelan piled - raft lebih efektif digunakan pada tanah yang memiiki daya dukung yang rendah. Kata Kunci: fondasi rakit, daya dukung tiang, penurunan tanah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 06:21 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 06:21 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14305 |
Actions (login required)
View Item |