Huday, I’Anarotul (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA N 1 KARANGTENGAH 1 DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Cover.pdf Download (172kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (22kB) |
|
Text
Publikasi.pdf Download (262kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (40kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (171kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (2MB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (467kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
Abstract
Active learning merupakan suatu pembelajaran yang sesuai untuk dapat merangkul semua perbedaan yang dimiliki oleh siswa.dengan demikian pembelajaran active learning sangat cocok digunakan dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terlebih dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMA N 1 Karangtengah Demak. Dalam proses pembelajaran, hasil siswa memiliki peranan yang sangat penting untuk mengetahui pencapaian hasil pembelajaran dapat tercapai dengan optimal. Oleh karena itu peneliti bertujuan untuk mengetahui pengruh pembelajaran active learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMA N 1 Karangtengah Demak. Rumusan masalah pada penelitian ini berbunyi: Bagaimana pembelajaran active learning di SMA N 1 Karangtengah Demak? Bagaimana hasil belajar siswa di SMA N 1 Karangtengah Demak dengan menerapkan active learning? Adakah pengaruh pembelajaran active learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMA N 1 Karangtengah Demak? Tujuan yang diharapkan peneliti ini adalah untuk mengungkapkan bagaimana pembelajaran active learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI. Peneliti ini menggunakan penelitian deskriptif, dengan anggota populasi siswa kelas X di SMA N 1 Karangtengah Demak yang berjumlah 359. Sample diambil dengan teknik purposive sampling sehingga setiap anggota populasi memiliki peluang untuk menjadi sampel penelitian, berjumlah 54 orang. Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket dan diolah dengan rumus korelasi Pearson Product Moment Correlation (PPMC). Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran active learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMA N 1 Karangtengah Demak. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil perhitungan menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment Correlation (PPMC) sebesar 0,03 dengan demikian 0,03<0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 26 Dec 2019 06:34 |
Last Modified: | 26 Dec 2019 06:34 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14221 |
Actions (login required)
View Item |