PENGARUH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMPN 1 SAYUNG DEMAK

Wahyuningrum, Agustina (2019) PENGARUH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMPN 1 SAYUNG DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (398kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (108kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (222kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (317kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (164kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)

Abstract

Kata kunci : Kompetensi Pedagogik, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pengelolaan pembelajaran seorang guru atau biasa disebut dengan kompetensi pegagogik yang harus dimiliki oleh semua guru dalam menjalankan tugasnya agar proses belajar mengajar dapat dilaksanakan secara efektif, efisien dan bahkan juga pelaksanaannya dapat dilakukan secara kondusif sehingga mempunyai hasil yang diharapkan. Seorang guru sangat berpengaruh pada terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek yang meliputi pemahaman peserta didik, perancangan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran di SMAN 2 Trenggalek. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitian yang dipakai adalah expost facto. Populasi : Seluruh siswa kelas XI pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 189 siswa yang ada di SMAN 2 Trenggalek. Sampel berjumlah 47 siswa dengan tehnik pengambilan sampel yaitu stratified random sampling. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data : analisis deskriptif, uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, linieritas, regresi linier sederhana dan regresi berganda dengan bantuan SPSS for Windows 23.0. Hasil penelitian yaitu, (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi pedagogik guru tentang pemahaman peserta didik terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek tahun ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukan dengan nilai signifikansi t untuk variabel kompetensi pedagogik guru tentang pemahaman peserta didik adalah 0,042 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,042 < 0,05) dan nilai t hitung = 2,091 > t tabel = 2,014 berarti H ditolak. (2) Ada pengaruh yang negatif signifikan kompetensi pedagogik guru tentang perencanaan pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek tahun ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukan dengan nilai signifikansi t untuk variabel kompetensi pedagogik guru tentang perencanaan pembelajaran adalah 0,015 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,015 < 0,05) dan nilai t hitung = -2,257 < t tabel = 2,014 berarti H ditolak. (3) Ada pengaruh yang negatif signifikan kompetensi pedagogik guru tentang evaluasi pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek tahun ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukan dengan nilai signifikansi t untuk variabel kompetensi pedagogik guru tentang evaluasi pembelajaran adalah 0,006 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,006 < 0,05) dan nilai t hitung = -2,881 < t tabel = 2,014 berarti H ditolak. (4) Ada pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek tahun ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukan dengan nilai signifikansi t untuk variabel kompetensi pedagogik guru adalah 0,026 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 (0,026 < 0,05) dan nilai F hitung = 5,309 > F tabel = 2,82 berarti H ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 23 Dec 2019 07:13
Last Modified: 23 Dec 2019 07:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14187

Actions (login required)

View Item View Item