Analisis Kinerja Ruas Jalan Jendral Sudirman Kota Kudus Pasca Berlakunya Sistem Dua Arah ( Studi kasus : jalan Depan KODIM 0722/Kudus )

SYAH, MARFIAN (2018) Analisis Kinerja Ruas Jalan Jendral Sudirman Kota Kudus Pasca Berlakunya Sistem Dua Arah ( Studi kasus : jalan Depan KODIM 0722/Kudus ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (200kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (381kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (220kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (105kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (196kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sarana transportasi dalam era globalisasi saat ini memiliki peranan sangat penting untuk distribusi barang, perekonomian maupun perpindahan penduduk. Namun pada kenyataannya permasalahan di dalam pergerakan transportasi, khususnya pada jam-jam sibuk mengakibatkan pengguna transportasi mengalami keterlambatan. Khususnya pada Kota Kudus yang mengalami perkembangan sangat pesat dengan luas 425,2 km2 dan dengan jumlah penduduk menurut sensus tahun 2016 sebanyak 841.499 jiwa, maka mengakibatkan kepadatan lalu lintas tepatnya di jalan Jendral Sudirman Kudus. Tujuan dari penelitian ini adalah Menghitung nilai tingkat pelayanan (Level Of Service/LOS) pasca berlakunya Sistem Dua Arah, Menganalisis penyebab kemacetan di ruas Jalan Jendral Sudirman Kudus, Memberikan solusi penyelesaian masalah yang ada di Jalan Jendral Sudirman, Kudus. Penelitian ini menggunakan metode survei pengumpulan dan pengolahan data. Untuk memperoleh data geometrik jalan dilakukan dengan pengamatan dan pengukuran secara langsung pada lokasi penelitian. Data volume lalu lintas diamati dengan menggunakan kamera video dan untuk perhitungan menggunakan alat hitung manual. Data diambil pada hari Rabu, Sabtu dan Minggu pada puncak pagi, siang dan sore kemudian didapatkan total jumlah kendaraan MC dan LV. Indikator analisis kerja yang digunakan antara lain kecepatan arus bebas (Free Flow Speed/FV), kapasitas (Capacity/C), derajat kejenuhan (Degree of Saturation/DS), kecepatan tempuh dan waktu tempuh rata – rata (Traveling Time/TT), serta analisis tingkat pelayanan (Level of Service/LOS) pada ruas jalan tersebut. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis pada bulan Januari tahun 2018 memiliki kecepatan arus bebas (FV) = 39,102 km/jam, kapasitas (C) = 4311,2 SMP/jam, derajat kejenuhan (DS) = 0,38 nilai tersebut dalam MKJI 1997 belum melebihi nilai maksimal yaitu 0,75 untuk jalan perkotaan, kecepatan tempuh (V) = 34 km/jam, waktu tempuh rata – rata (TT) = 21,17 detik serta tingkat pelayanan (Level Of Service/LOS) dikategorikan tingkat B. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut perlu mencari solusi/alternatif – alternatif untuk menurunkan nilai DS dengan cara meningkatkan nilai kapasitas. Kata Kunci: Transportasi, Kudus, Jalan Jendral Sudirman

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 28 Nov 2019 07:13
Last Modified: 28 Nov 2019 07:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13755

Actions (login required)

View Item View Item